Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelang Hari H, Logistik Pilkada Tiba di TPS


PEMALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang menargetkan pada H-1, logistik Pilkada sudah tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing daerah.
KPU Pemalang telah memerintahkan seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk membuat TPS pada H-1 sehingga logistik Pilkada bisa langsung ditempatkan di TPS. 

”Berdasarkan aturan, seharusnya logistik Pilkada sudah berada di TPS pada H-1, tetapi apabila TPS belum selesai, KPPS bisa berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) atau pengawas TPS dan saksi calon. 

Koordinasi tersebut terkait dengan penempatan kotak surat suara agar tetap aman dan bisa diawasi bersama agar tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak lain,”kata Ketua KPU Pemalang, Abdul Hakim, kemarin. 

Dia menambahkan, berdasarkan regulasi, logistik Pilkada dari KPU Pemalang selesai didistribusikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 5 Desember lalu atau lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. 

Selanjutnya dari PPK hari ini (Minggu, 6/12) logistik dari PPK dikirim ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan ditargetkan dalam satu atau dua hari semua logistik sudah terdistribusi hingga tingkat TPS. 

Lokasi Netral
TPS berada di lokasi yang netral dan tidak berada dekat di posko salah satu pasangan calon agar tidak menimbulkan masalah. Apabila ada TPS dekat dengan Posko salah pasangan calon dan ada pihak yang mempermasahkan, sedangkan Panwas merekomendasikan untuk pindah, maka TPS harus pindah. 

Lokasi yang digunakan untuk TPS sebagian besar berada di sekolah-sekolah, tetapi ada juga yang berada di rumah warga tetapi tetap harus netral. Pertimbangan pemilihan sekolah untuk TPS yaitu kondisi sekarang mulai memasuki musim penghujan dan sekolah dinilai cukup aman untuk TPS apabila terjadi hujan sewaktu-waktu. 

”Dalam Pilkada 2015 ini terdapat sekitar 2.164 TPS yang tersebar di 14 kecamatan atau 222 desa/kelurahan. 

Untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap diperkirakan lebih dari 1 juta pemilih, dengan jumlah pemilih terbanyak di Kecamatan Taman, Pemalang, dan Petarukan,”imbuh dia. 

Hakim menambahkan, dalam Pilkada 2015 ada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yaitu nomor urut 1 M Arifin dan Romi Indiarto, nomor urut 2 Junaedi berpasangan dengan Martono, nomor urut 3 yaitu Mukti Agung Wibowo berpasangan dengan Afifudin.(Elf/SM)

Post a Comment for "Jelang Hari H, Logistik Pilkada Tiba di TPS"