Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bersujudlah Dimanapun Kamu Berada, Karena Seluruh Bumi Hakekatnya Adalah Masjid

Viral, tiktok, sholat dijalan, sholat di jalan tol, sopir truk sholat di jalan

Infomoga.com --
Bagi orang muslim, puncak dari ketaqwaan dan keimanan seseorang adalah terjaga ibadahnya. Dari sekian banyak ibadah yang diperintahkan Allah kepada kita, sholat adalah yang terpenting dan paling tinggi nilainya di mata Allah.

Tapi ironisnya, kita sebagai manusia kadang sering terlupa. Terlena oleh kemilau dunia, melalaikan tugas kita untuk bersujud dan berdoa kepada Allah Azza Wa Jalla.

Sebuah video yang menunjukan seorang pria yang tengah melaksanakan sholat di sisi truknya yang terparkir dipinggir jalan tol viral disosial media.

Video yang diunggah pada Rabu 16 Juni 2022 melalui akun Tiktok @amnzuhr, sudah ditonton sebanyak 1.9 juta kali dan disukai lebih dari 210 ribu warganet.

"Aku iri kepada mereka yg mampu menjaga ibadahnya dimana (pun) mereka berada," tulis sang penggunggah.

Video seorang pria sholat di jalan tol ini pun langsung mendapatkan perhatian dari banyak netizen. Banyak dari warganet terharu dan  mendoakan si pria dalam video tersebut.

"aku Kristen, tpi air mataku seketika menetes melihat ini," ujar akun @moreyn_lie.

"sesibuk apapun urusan kita janganlah pernah tinggalkan shalat," tutur akun @littleangel.

Padahal Allah Sang Maha pemurah sudah memberikan berbagai keringanan mengenai amal ibadah yang satu ini. 

Tidak ada aturan khusus yang mengharuskan shalat harus di masjid, sholat bisa dilakukan dimana saja asalkan kesucian tempatnya terjaga. 

Oleh karna itu, sholatlah dimanapun kau berada selama kau masih bisa menghembuskan nafasmu. Kita tak pernah tahu, bisa jadi sholat tersebut menjadi sholat terakhir kita.

Masjid ada dimana-mana. Ungkapan itu benar adanya, diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah SAW bersabda,

Seluruh Bumi adalah Masjid

وَجُعِلَتْ لِىَ الأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا ، وَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِى أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلِّ

“Seluruh bumi dijadikan sebagai tempat salat dan untuk bersuci. Siapa saja dari umatku yang mendapati waktu salat, maka salatlah di tempat tersebut” (HR. Bukhari no. 438 dan Muslim no. 521).

Apa yang dikatakan Nabi SAW tersebut juga menandakan pesan agung tentang ibadah yang selayaknya tidak dibatasi hanya oleh bentuk dan rupa ruang yang menjadi tempat kita bersujud.

Semoga Allah menjaga iman dan taqwa kita. Selalu diberikan semangat dan kekuatan untuk bersujud dan beribadah kepada-NYA. Amin.

Post a Comment for "Bersujudlah Dimanapun Kamu Berada, Karena Seluruh Bumi Hakekatnya Adalah Masjid"

Oppo Indonesia