Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Cikendung, Desa Wisata di Pemalang Selatan

Pementasan Sintren di Desa Cikendung (Antarafoto)
Mogaraya.com - Desa Cikendung di Kecamatan Pulosari kini bagaikan permata yang semakin memancarkan kemilaunya ke siapa saja yang menghampirinya.

Semenjak dipersiapkan sebagai desa wisata pada 2013 lalu oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah/BPPD) Kabupaten Pemalang, Cikendung mulai berbenah menyambut wisatawan. Masyarakat desa ini bergotong-royong mempercantik wajah lingkungan desanya dengan beragam kegiatan dan fasilitas untuk menunjang Program Desa Wisata.

Desa yang terletak 45 km arah selatan ibukota Kabupaten Pemalang ini menyuguhkan lanskap yang sangat menarik, dari hamparan kebun teh yang menghijau, areal persawahan yang terbentang laksana permadani dibawah kaki gunung Slamet yang menakjubkan.

Selain menyuguhkan panorama khas desa-desa dipegunungan yang indah, di desa Cikendung kita juga bisa menikmati wisata budaya kesenian Sintren, Kuda Lumping, curug Watu lawang, situs purbakala Watu Lumpang yang keramat, ritual Ruwat Bhumi, dan beragam kuliner khas desa Cikendung. 

Untuk kenyamanan wisatawan yang ingin bermalam disediakan homestay. Saat ini sudah siap sebanyak 24 rumah penduduk yang siap ditinggali dengan adanya homestay ini diharapkan wisatawan dapat secara langsung berinteraksi dengan masyarakat, mengenal adat istiadat, cara hidup serta menikmati keindahan alam daerah pegunungan.

Atraksi Rumah PohonSeperti dikutip dari KompasTravel Atraksi wisata Rumah Pohon akan hadir di Desa Wisata Cikendung. Rumah Pohon tersebut hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan Desa Wisata Cikendung.
 

Kepala Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Pemalang, Arifin menyatakan wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari atas pohon dan juga bukit-bukit seperti Bukit Besek dan Salaman. 

Jadi, kapan desa-desa lain menyusul nih

dari berbagai sumber:
- Kompas.com
- desawisatacikendung.wordpress.com
- Humas.pemalangkab.go.id
- Grup Actions For Pemalang
- Harian Pemalang
- FEDDEP Pemalang 

Post a Comment for "Pesona Cikendung, Desa Wisata di Pemalang Selatan"