Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Hadang Pemudik, Polda Jateng Intensifkan Penyekatan di Perbatasan


Infomoga.com -- Brebes, Mendekati hari raya Idul Fitri, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) mulai mengintensifkan pengamanan di sejumlah wilayah perbatasan atau pintu masuk.

Langkah ini dilakukan untuk mempersempit ruang gerak pemudik yang hendak masuk ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu, dipimpin Kapolda Jateng Brigjen Pol Ahmad Luthfi, jajaran Polda Jateng langsung melakukan pengecekan di pos pantau terpadu Tol Pejagan, Kabupaten Brebes selama Operasi Ketupat Candi 2020 berlangsung.

Baca juga: 6.896 Pemudik Masuk Pemalang Sepekan Pasca Pelarangan

Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya mengerahkan para personel yang bertugas di perbatasan Brebes untuk lebih memperketat penjagaan menghadapi lonjakan arus mudik.

Pasalnya, arus kendaraan dari barat (Jabodetabek) biasanya akan meningkat saat menjelang H-7 atau sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri Lebaran.

"Jika mudik tahun lalu, kita mengamankan arus mudik. Tahun ini, kita harus menyekat dan memutarbalikkan arus mudik. Jelang H-7 ini, tolong personel di perbatasan sering lakukan evaluasi karena arus mudik akan meningkat," ujar Ahmad Luthfi dalam keterangan tertulis, Rabu (13/5/2020) seperti dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, lanjut dia, wilayah Brebes kini menjadi zona merah penyebaran virus corona Covid-19 di Jateng dan menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) seperti di Kota Semarang.

"Brebes pun kini menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) seperti di Kota Semarang. Maka dari itu, penjagaan di perbatasan masuk Brebes, terutama dari luar Jateng harus dijaga ketat," jelasnya.

Skenario penyekatan


Sementara itu, ditempat yang sama Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Subandrya yang turut mendampingi Kapolda telah menyiapkan skenario untuk penyekatan, baik di jalur arteri maupun tol.

"Untuk jalur dari Jakarta menuju Tol Pejagan akan langsung memutarbalikkan semua kendaraan. Sedangkan untuk angkutan truk besar, petugas akan mengarahkan ke lajur kanan tol sehingga langsung melaju ke Gerbang Tol Kalikangkung Semarang," jelasnya.

Baca juga: Sebanyak 4.034 Orang Mudik ke Moga

Kemudian, kata dia guna mengantisipasi pemudik lewat jalur arteri, pihaknya menyiapkan Pos Pantau di Kecipir, Losari, Brebes. Di pos ini, petugas menyiapkan lajur kiri untuk menyekat pemudik.

"Jika terindikasi hendak mudik, kita suruh putar balik," ujarnya.

Sebagai catatan, hingga hari kemarin, sebanyak 1834 unit kendaraan yang sudah dipaksa putar balik di Pos Pantau Kecipir, Brebes, Jawa Tengah.

Post a Comment for "Hadang Pemudik, Polda Jateng Intensifkan Penyekatan di Perbatasan"