Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Video Bencana Tanah Bergerak Kaki Bukit Tangkeban


Infomoga.com - Sima, Tim Relawan Moga melakukan pengecekan lokasi tanah bergerak di kaki perbukitan Tangkeban, Pemalang, Jawa Tengah, Selasa (16/2/2021) Masih aman dan berada jauh dari lokasi wisata Bukit Tangkeban. 

Tanah bergerak terjadi usai hujan deras mengguyur wilayah ini beberapa hari belakangan dan pertama kali diketahui oleh warga penggarap lahan disekitar perbukitan Tangkeban.

Tim relawan yang berjumlah enam orang ini menemukan rekahan-rekahan tanah dengan lebar bervariasi antara 20 hingga 40 centimeter dengan kedalalam 0,5 sampai dengan 1 meter.

Rekahan tersebut memanjang sekitar 150 meter dari arah timur laut ke arah utara perbukitan berdasarkan pengamatan dilapangan.

Baca juga: Bencana Longsor Ancam Bukit Guguran Dawen di Plakaran

Tim juga mendapati permukaan tanah yang amblas di sepanjang lokasi rekahan. Tanah amblas antara 0,4-1 meter dari lokasi semula.

"Penyelidikan dan pengecekan dari lapangan ini untuk memastikan saja, nantinya akan dikaji dulu, lalu hasilnya akan disampaikan ke pihak berwenang sebagai rekomendasi langkah penanganan bencana selanjutnya," paparnya.

Mudah-mudahan dengan adanya pengecekan tersebut, upaya penanganan dan mitigasi bencana dapat dilakukan semaksimal mungkin guna meminimalisir dampak apabilaterjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Post a Comment for "Video Bencana Tanah Bergerak Kaki Bukit Tangkeban"