Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Sederhana Agar Gas Elpiji Lebih Awet dan Tidak Boros, Yang Pertama Gampang Banget Bun!

gas elpiji, memasak, cara sederhana, tips sederhana, gas elpiji awet, tidak boros

Infomoga.com
-- Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan banyak orang, terutama untuk para ibu. Dua tips sederhana agar gas epiji lebih awet dan tidak boros.

Memasak, terutama untuk para ibu adalah kegiatan rutinitas yang mengasyikan. Namun, bisa jadi menyebalkan ketika sedang asik memasak, tiba-tiba terganggu ganggu karena kehabisan gas.

Gas elpiji sebagai bahan utama dalam kegiatan ini kerap kali jadi permasalahan. Banyak para bunda yang mengeluh tentang gas elpiji yang cepat sekali habis.

Baca Juga: 

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat gas elpiji cepat sekali habis dan terkesan boros.

Pertama, mungkin karena memang bahan makanan yang Moms masak membutuhkan waktu lama untuk matang. Hal tersebut lah yang membuat gas cepat habis.

Kedua, bisa saja regulator gas Moms kendur sehingga gas terbuang sia-sia begitu saja.

Tapi kini para ibu  tak perlu khawatir! Ada cara sederhana yang bisa membuat gas elpiji di rumah menjadi lebih awet dan tidak boros lagi dan memasak tetap menjadi rutinitas yang mengasyikan.

Berikut cara sederhana agar hemat gas elpiji seperti dilansir dari Nakita.grid.id dan Tribunnews.com:

1. Bersihkan Kompor Gas Secara Berkala Minimal 4 Bulan Sekali


Kompor yang jarang dibersihkan tentu akan membuat saluran gasnya juga kotor. Karena hal tersebut lah api yang dihasilkan tidak akan berwarna biru.

Kalau api tidak biru, artinya panas yang dihasilkan tidak maksimal. Dengan panas yang tidak maksimal tentu saja waktu memasak bertambah lama. Dan, gas pun lebih banyak terpakai.

Namun jika kompor rajin dibersihkan maka kemungkinan besar gas juga akan lebih awet karena api yang dihasilkan selalu biru.

2. Gunakan Perangkat Masak Berbahan Stainless


Memang di pasaran banyak panci dan wajan yang berbahan aluminium yang harganya lebih murah, juga yang berbahan enamel yang tampilannya lebih cantik.

Tapi, sebenarnya kedua jenis logam tersebut bukan penghantar panas yang baik. Penghantar panas terbaik adalah stainless steel.

Dengan menggunakan perangkat masak berbahan stainless steel makanan akan lebih cepat matang. Jika makanan cepat matang artinya gas juga semakin irit dan tidak terpakai banyak.

Nah itu dia Bun dua cara sederhana yang bisa membuat gas elpiji lebih awet dan tidak boros. Ayo dicoba Bun!

Post a Comment for "2 Cara Sederhana Agar Gas Elpiji Lebih Awet dan Tidak Boros, Yang Pertama Gampang Banget Bun!"