Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 13 Gejala Virus Corona Pada Anak, Ayah-Bunda Harus Waspada

Gejala Corona, virus Corona, Covid-19, anak-anak, balita

Infomoga.com
-- Peningkatan kasus infeksi Covid-19 di Indonesia terus terjadi. Bisa menginfeksi siapa saja tak terkecuali anak-anak dan balita.

Orang tua perlu lebih waspada, karena berbeda dengan orang dewasa, anak kecil biasanya kurang paham dengan kondisi atau gejala yang tengah dialaminya.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Senin (21/6) ada tambahan 14.536 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 2.004.445 kasus positif Corona.

Secara umumnya, gejala Covid-19 pada anak-anak tidak beda jauh dengan yang dialami oleh orang dewasa, yakni batuk dan demam.


Dikutip dari CNBC Indonesia Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), FAAP, mengatakan sebanyak 1 dari 8 kasus konfirmasi positif Covid-19 merupakan anak-anak.

"Data nasional saat ini proporsi kasus konfirmasi positif Covid-19 pada anak usia 0-18 tahun ini adalah 12,5 persen. Artinya 1 dari 8 kasus konfirmasi itu adalah anak," ujar dr Aman dalam konferensi pers, Jumat (18/6/2021).

Yang menjadi masalah dan perlu diwaspadai oleh para orang tua adalah, banyak di antara anak-anak tersebut yang belum bisa mengungkapkan gejala sakit yang sedang mereka alami, khususnya pada anak balita. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), bayi berusia di bawah satu tahun dan anak-anak yang memiliki kondisi atau penyakit tertentu lebih rentan mengalami gejala parah jika terinfeksi Covid-19.

Gejala Infeksi Corona Pada Anak


Secara keseluruhan, anak-anak akan mengalami gejala yang mirip dengan orang dewasa apabila terinfeksi, berikut 13 gejalanya:

- Demam atau meriang

- Batuk

- Hidung tersumbat atau pilek

- Kehilangan indra penciuman

- Sakit tenggorokan

- Sesak napas atau kesulitan bernapas

- Diare

- Mual atau muntah

- Sakit perut

- Kelelahan

- Sakit kepala

- Nyeri otot atau tubuh

- Hilangnya nafsu makan, terutama pada bayi berusia di bawah satu tahun.

Baca juga: Air Kelapa Muda Bisa Kurangi Resiko Infeksi Covid-19

Gejala tersebut di atas bisa menjadi lebih parah jika anak atau balita yang terinfeksi Covid-19 memiliki komorbid atau penyakit penyerta. 

Jadi, buat para orang tua harus senantiasa waspada, salah satunya dengan selalu mengajari anak-anaknya pentingnya menjaga pola hidup sehat.

Post a Comment for "Ini 13 Gejala Virus Corona Pada Anak, Ayah-Bunda Harus Waspada"