Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Final Euro 2020: Italia Menanti Lawan yang Sepadan

Sepakbola, Euro 2020, Piala Eropa, Italia, Spanyol, Final

Infomoga.com
-- Satu tiket final Piala Eropa 2020 berhasil diraih Timnas Italia. "Pasukan Biru" berhasil menghentikan perlawanan skuad Spanyol lewat adu pinalti dengan skor 4-2.

Adu pinalti jadi penentu laga keduanya usai bermain imbang 1-1 yang berlangsung Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. 

Dengan hasil ini, Italia akan menantang kampiun dari duel Inggris melawan Denmark yang akan berlangsung Kamis (8/7/2021) dini hari.

Jalannya Pertandingan

Sejak awal pertandingan Spanyol tampil mendominasi. Tim Matador menempatkan tiga penyerang sekaligus dilini depan. Ada Ferran Torres, Daniel Olmo, dan Mikel Oyarzabal yang didukung Sergio Busquets.

Pasukan Luis Enrique menguasai bola hingga 77% pada 15 menit bapak pertama. Namun kedisiplinan para pemain Italia membuat Spanyol tidak mampu memberikan ancaman berarti ke gawang Italia.

Di menit ke-30, Spanyol mengancam gawang Italia melalui sebuah sepakan keras dari Daniel Olmo. Beruntung, Sang penjaga gawang Gianlugi Donnarumma mampu mengamankan bola. 

Italia sendiri, sepanjang babak pertama tak memiliki satu peluang pun untuk mencetak gol. Skor 0-0 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Terciptanya Gol

Memasuki babak kedua, Italia mulai menemukan bentuk permainan. Sejumlah peluang berhasil mereka ciptakan. Puncaknya terjadi di menit ke-60. Saat Federico Chiesa berhasil menciptakan gol, dan kedudukan berubah, 1-0 untuk Italia.

Berawal dari serangan balik yang dilakukan pemain Italia, Federico Chiesa mampu mengecoh dua pemain Spanyol, Eric Garcia dan Aymeric Laporte. Selanjutnya, pemain yang bermain untuk Juventus itu melepaskan tendangan keras melengkung yang gagal diantispasi kiper Spanyol Unai Simon.

Usai unggul, arsitek Italia Roberto Mancini langsung melakukan rotasi pemain. Ciro Immobile ditarik, digantikan Domenico Berardi. Di saat yang sama, Enrique juga menarik keluar Ferran Torres dan memasukkan Alvaro Morata.

Selanjutnya, Enrique juga menarik Mikel Oyarzabal dan memasukkan Gerad Moreno. Rodri juga dimasukkan ke lapangan untuk menggantikan Koke. 

Strategi Enrique membuahkan hasil. Alvaro Morata berhasil menyamakan kedudukan setelah menerima umpan matang dari Daniel Olmo di menit ke-80. Skor imbang 1-1.

Perpanjangan Waktu

Setelah spanyol menyamakan kedudukan, kedua tim sama-sama melakukan serangan. Namun sayang hingga peluit panjang babak kedua berakhir tiada tambahan gol yang tercipta. Laga dilanjutkan dengan tambahan waktu.

Mengawali laga di babak tambahan, Spanyol kembali tampil menekan. Sejumlah peluang pun mereka dapatkan. Namun tak ada gol tercipta di 15 menit awal, babak perpanjangan waktu. 

Berlanjut di babak kedua, Spanyol pun terus menekan pertahanan Italia, perpanjangan waktu. Namun skor tetap bertahan 1-1 hingga akhir laga perpanjangan waktu.

Adu penalti

Hasil imbang selama 120 menit pada laga Italia vs Spanyol, membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan adu pinalti untuk menentukan pemenang. 

Pemain Italia Manuel Locatelli tampil sebagai eksekutor pertama. Sayang Locatelli gagal menuntaskan tugasnya dengan baik. Tendangannya berhasil dimentahkan Unai Simon. 

Namun nasib apes juga menimpa David Olmo yang menjadi penendang pertama Spanyol. Tendangannya juga gagal menjebol gawang Italia.

Dua pemain Italia selanjutnya berhasil membawa keunggulan atas Spanyol. Namun bisa disamakan oleh dua punggawa tim Matador.

Kemudian Federico Bernardeschi sukses membawa Italia unggul atas Spanyol. Di satu sisi, Alvaro Morata gagal menunaikan tugasnya. Tendangannya ke sisi kiri gawang berhasil diamankan Donnarumma. 

Dan penendang terakhir sekaligus pahlawan penentu kemenangan Italia, Jorginho mampu memastikan satu tiket final Piala Eropa 2020 bagi negaranya. (Gatra.com/diolah)

Post a Comment for "Final Euro 2020: Italia Menanti Lawan yang Sepadan"