Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengasuh Ponpes Al Falah Ploso KH. Zainudin Jazuli Wafat

Ponpes Al Falah Ploso, KH Zainudin Jazuli, Mbah Din, PBNU, Wafat, Meninggal Dunia

Infomoga com -
- Kabar duka datang dari Kediri Jawab Timur, pengasuh  Pondok Pesanten Al Falah Ploso sekaligus tokoh NU, KH A. Zainudin Jazuli wafat.

Putra sulung KH Ahmad Jazuli Usman itu meninggal dunia pada Sabtu (10/7/2021) pukul 12.00 WIB.

Kabar meninggalnya kiai yang biasa dipanggil Mbah Din tersebar di jejaring WhatsApp lingkungan NU, politikus, dan masyarakat umum.

"Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Baru saja KH Zainuddin Jazuly Pengasuh PP Al Falah Ploso kapundut (meninggal dunia). Nyuwun ziadah doa kagem beliau, keluarga, sedoyo pengasuh lan santri2 soho alumni. Al fatihah," demikian pesan berantai beredar.

Mbah Din memang sudah menderita sakit agak lama. Beliau menderita penyakit stroke.

Namun, selama ini, kiai yang dikenal ahli ilmu fiqh itu tetap beraktifitas meski dengan bantuan kursi roda. Baru beberapa hari terakhir, sakitnya lebih serius.

PBNU perintahkan sholat ghaib


Meninggalnya KH. Zainudin Jazuli yang juga merupakan Mustasyar PBNU membuat kehilangan yang begitu mendalam dikalangan warga Nahdliyin.

Untuk itu PBNU menginstruksikan kepada seluruh pengurus dan pondok pesanten dibawah naungannya untuk menggelar sholat ghaib, pembacaan Yasin Dan tahlil untuk almarhum.

Kiai Din merupakan pimpinan pondok yang sangat rajin mengajar para santrinya. Ketika masih sehat, dia mengajar sampai 5 pelajaran di pesantren. Mulai dari ilmu lughot (bahsa), ilmu fiqh (hukum Islam), ilmu adab atau moral, tasawuf dan hadis.

Selama masih hidup, Kiai Din juga menjadi rujukan dan jujukan para tokoh masyarakat dan pemerintahan. Para pejabat Jatim maupun pimpinan politik dari Jakarta selalu sowan kepada Kiai Din.

Hari ini, beliau telah meninggalkan kita semua. NU telah kehilangan kiai besarnya. Umat Islam Indonesia kembali dirundung duka. Al Fatihah!

Post a Comment for "Pengasuh Ponpes Al Falah Ploso KH. Zainudin Jazuli Wafat"