Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor buat Para Hijaber agar Terhindar dari Kecelakaan Kain Terlilit

Tips Berkendara, Kecelakaan Lalulintas, Tips aman berkendara, Hijaber, Pengendara Perempuan, Pengendara Wanita

Infomoga.com
-- Kecelakaan yang menimpa pengendara sepeda motor di jalan raya Moga - Guci ruas Kalibuntu, Moga pada Sabtu (14/8) sore menyisakan cerita berulang. Korban terjatuh karena kain yang digunakan terlilit gear sepeda motor.

Mengendarai sepeda motor harus selalu waspada dan berhati-hati. Karena, sekecil apa pun hal yang mempengaruhi laju kendaraan bermotor bisa berakibat fatal.

Apalagi sekarang banyak perempuan yang beraktivitas menggunakan sepeda motor karena lebih efisien dan praktis.

Beberapa dari mereka menggunakan pakaian panjang dan berkerudung atau berhijab. Nah banyak kecelakaan motor akibat hijab atau baju panjang yang digunakan mengakibatkan kain terlilit roda, rantai atau bagian lainnya pada motor.

Tak jarang, peristiwa ini membuat kecelakaan fatal seperti kejadian diatas. Paling mengkhawatirkan pengendara jatuh di saat jalan padat.

Bagaimana menghindari insiden ini? Berikut tips berkendara bagi para hijaber dari Wahana Honda Motor dan iNews.id yang dilansir infomoga.com, Sabtu, (14/8/2021):

1. Perhatikan Panjang Hijab


Pertama, wajib memperhatikan panjang kerudung atau pakaian gamis yang digunakan. Jika memakai hijab yang panjang, beberapa bagiannya lebih baik dijepit, diikat atau diduduki selama berkendara. Jika panjangnya tidak melewati jok motor tidak perlu dijepit.

2. Perhatikan Spion


Kedua selalu perhatikan spion kendaraan anda. Spion berfungsi melihat laju pengendara lain sambil memperhatikan pakaian dan jilbab yang dikenakan, apakah terurai ke bawah atau tidak.

3. Sesuaikan Motor


Ketiga, jika menggunakan hijab yang lebar, motor yang dipakai sebaiknya jenis matik. Karena motor jenis ini memiliki bodi yang lebih tertutup ketimbang motor bebek atau motor sport.

Bagian yang tertutup di motor matik bisa digunakan untuk menahan angin sehingga pakaian gamis dan hijab bisa tertahan.

4. Sesuaikan Kecepatan


Yang keempat atau terakhir, sesuaikan kecepatan ketika melaju agar tidak menyebabkan jilbab terurai ketika terkena angin.

Jangan memakai jilbab sebagai pelindung tangan agar tidak terkena sinar matahari. Ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kain tertarik dan visibilitas atau jarak pandang terganggu.

Demikian tips aman mengendarai sepeda motor buat para Hijaber agar terhindar dari kecelakaan karena kain terlilit gear atau roda. 

Semoga bermanfaat dan menjadi perhatian kita semua terutama kaum hawa yang biasa beraktifitas menggunakan sepeda motor.

Post a Comment for "4 Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor buat Para Hijaber agar Terhindar dari Kecelakaan Kain Terlilit"