Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prediksi BMKG: Hujan Lebat Guyur Wilayah Pemalang Hari Ini, Dari Bodeh Hingga Pulosari Waspada

Cuaca Pemalang, Cuaca Moga, Cuaca Buruk, Cuaca Ekstrem, BMKG, Bmkg jateng

Infomoga.com
-- Hujan lebat diprediksi akan mengguyur beberapa wilayah di Jawa Tengah pada Senin, 01 Oktober 2021. Brebes dan Tegal masuk wilayah kategori Siaga, Pemalang serta beberapa wilayah di pegunungan pada level waspada.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah Stasiun Klimatologi Semarang memprakirakan Cuaca Berbasis Dampak Hujan Lebat  di Wilayah Jawa Tengah terhitung Tanggal 01 November 2021 Pukul 07.00 WIB s/d 02 November 2021 Pukul 07.00 WIB.
 
Akun resmi @bmkgjateng merilis informasi yang menyebutkan berbagai daerah di Jateng yang berpotensi dan waspada terjadi hujan lebat.

BMKG menyebutkan ada dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa daerah.

Kondisi tersebut dikarenakan potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas.

Termasuk prediksi aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin.

"Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," kata Deputi Bidang Meteorologi (BMKG) Guswanto dalam keterangannya, Minggu (31/10) seperti dikutip dari Merdeka.com.

Salah satunya daerah yang masuk kategori Waspada adalah Kabupaten Pemalang.
 
Di wilayah ini, hujan dengan insensitas lebat diprediksi mengguyur Moga, Pulosari, Bodeh, Watukumpul, Bantarbolang, dan Belik.

Memasuki musim penghujan seperti sekarang, BMKG meminta pihak-pihak terkait mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana.

BMKG juga menghimbau agar masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti angin kencang, hujan disertai petir, banjir, dan tanah longsor yang diakibatkan cuaca ekstrim.

Post a Comment for "Prediksi BMKG: Hujan Lebat Guyur Wilayah Pemalang Hari Ini, Dari Bodeh Hingga Pulosari Waspada"