Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem di Jateng Hingga 21 Mei 2022

Info BMKG, Info Cuaca, Cuaca jateng, Cuaca Ekstrem, Cuaca Ekstrim,

Infomoga.com --
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng) termasuk wilayah selatan dan pegunungan tengah hingga 21 Mei 2022.

Hasil analisasi dinamika atmosfer BMKG menemukan adanya sirkulasi siklonik di sejumlah wilayah Tanah Air. Kondisi ini membuat sejumlah wilayah, termasuk Jawa Tengah, berpotensi dilanda cuaca ekstrem Jateng selatan dan pegunungan tengah Jateng

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik di perairan Barat Kalimantan Barat ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat. Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari pesisir Selatan Jawa Tengah-Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua.

Baca juga: Bakal Bangun Pelabuhan Khusus Holtikultura, Jateng jadi Contoh Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Logistik di Indonesia

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. Serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah," tulis BMKG dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari INews dan detik, Jumat (20/5/2022).

"Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-libat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 19-21 Mei 2022 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah," terang BMKG.

BMKB menerangkan, kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Labilitas Lokal Kuat juga mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Jawa Tengah.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Berikut beberapa wilayah Jawa Tengah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem:

20 Mei 2022

Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab/Kota Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab./Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Solo, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

21 Mei 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab./Kota Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab/Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Solo, Kab. Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

Post a Comment for "Info BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem di Jateng Hingga 21 Mei 2022"