Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Kurban, idul adha, potensi ekonomi kurban, baznas

Infomoga.com --
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Hasil itu didapat BAZNAS melalui sebuah kajian dan penelitian, dan dipublikasikan dalam acara bertajuk "Public Expose Ekonomi Kurban 2022", yang digelar pada Senin (4/7/2022), secara daring dan disiarkan langsung di BAZNAS TV.

Potensi ekonomi kurban sebesar Rp31,6 triliun berasal dari 2,61 juta shohibul qurban dan sekitar 2,1 juta hewan kurban yang disembelih dan terdiri atas 1,6 juta ekor domba/kambing dan 521 ribu ekor sapi. 

Baca juga: Pahala Puasa Dzulhijah: Sehari Setara Setahun, Ini Bacaan Lengkap Niat Puasa Dzulhijjah

BAZNAS yang tahun ini kembali menggulirkan Kurban Online BAZNAS siap bekerja ekstra keras dan maksimal agar potensi ekonomi kurban 2022 dapat tercapai.

"BAZNAS sangat mendorong dan mengupayakan secara maksimal agar Kurban Online BAZNAS dapat berjalan baik, demi hasil terbaik untuk meningkatkan pendapatan peternak mustahik dan kesejahteraan umat," kata Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.
 
Menurut Noor, berdasarkan hasil kaji dampak yang dilakukan pada Program Pemberdayaan Peternak Mustahik BAZNAS, program Balai Ternak sebagai program pemberdayaan mustahik terbukti dapat mentransformasikan mustahik pada kondisi material yang lebih baik.

Hal ini pun semakin memacu semangat BAZNAS untuk bekerja maksimal dan memanfaatkan momentum Idul Adha untuk meningkatkan perekonomian petenak mustahik.

Noor melanjutkan, terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan potensi itu, mulai dari persiapan peternak di Balai Ternak BAZNAS.

"Perlu kita siapkan bersama-sama bagaimana kita menyiapkan hewan-hewan kurban yang baik, artinya bahwa pembinaan kita kepada peternak menjadi penting sekali karena hewan kurban-kurban diberikan kepada amil kurban yakni hewan yang terbaik. ini merupakan pembinaan kurban itu sendiri," kata Noor Achmad.
 
Noor menambahkan, berbagai persiapan matang lainnya juga harus dipersiapkan dengan rapi, mulai dari peternak, bagaimana cara memelihara, menghubungkan hewan kurban tersebut sehingga tidak asal-asalan.

"Paling tidak ada lima komponen yang harus diperhatikan dalam persiapan ini. Kedua, pelaksanaan, bagaimana ekonomi kurban dalam pelaksanaan, bagaimana menyiapkan orang yang menyembelih, karena tidak boleh asal-asalan, tidak boleh menyakiti hewan kurban perlu ada pelatihan, di sini juga perlu adanya pelatihan khusus. Perlu kita siapkan bagaimana amil itu melaksanakan hewan yang dititipkan mudhohi. Kurban Online BAZNAS akan menjangkau seluruh negeri, perlu jaringan-jaringan kuat, termasuk dari ekonomi kurban itu sendiri," katanya.

Seperti Idul Adha edisi-edisi sebelumnya, pada tahun ini BAZNAS juga mengupayakan mengemas daging kurban dalam bentuk kaleng agar lebih menjangkau masyarakat yang ada di daerah 3T sekaligus terkait program mengentaskan kemiskinan dan stunting.

Post a Comment for "Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun"