Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelang Nataru, Stok Pangan di Jateng Masih Aman

jateng, bahan pangan, stok pangan, nataru

Infomoga.com -- Stok pangan di Jawa Tengah dipastikan aman menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Ketersediaan beberapa komoditas di pasaran masih mencukupi. 

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindutrian dan Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Arif Sambodo menuturkan ketersediaan komoditas pangan menjadi salah satu fokus yang saat ini jadi atensi. Terutama saat ini menghadapi Natal dan Tahun Baru. 

"Dari laporan BPS (Badan Pusat Statistik) dan juga dari pantauan kami di pasar-pasar, stok masih cukup," kata Arif Sambodo.

Bahkan, Ia memperkirakan harga beras yang saat ini mengalami lonjakan akan segera turun dan kembali normal karena area persawahan di beberapa daerah akan memasuki masa panen dalam waktu dekat.

"Untuk beras, bulan-bulan kemarin kan baru musim tanam, mungkin menjelang Desember ini sudah ada yang mulai panen, sehingga harga insya Allah akan turun," tegasnya.

Demikian pula dengan komoditas cabai yang sempat mengalami lonjakan, kata dia, saat sekarang mulai bergerak turun dan di tingkat Jateng rata-rata berkisar Rp28.000-Rp30.000 per kilogram.

Disinggung mengenai komoditas kedelai, Arif mengatakan pengendalian harga komoditas tersebut dilakukan dengan dua arah, yakni pertama berupa kebijakan subsidi Rp1.000 dari Kementerian Perdagangan melalui Perum Bulog bersama Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Kopti).

Sementara yang kedua, kata dia, di tingkat Provinsi Jateng akan ada kebijakan melalui belanja tidak terduga (BTT) dari Dinas Ketahanan Pangan guna melakukan intervensi dengan subsidi.

"Mekanismenya ini sedang disusun, insya Allah dalam waktu dekat sudah bisa berjalan," katanya.

Sumber: Antara Jateng

Post a Comment for "Jelang Nataru, Stok Pangan di Jateng Masih Aman"