Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Viral di TikTok! Cara Memutihkan Gigi dengan Hidrogen Peroksida 3%, Tidak Dianjurkan!

Viral, Tiktok, Tips memutihkan Gigi, Gigi Putih, Hidrogen Peroksida, bleaching gigi, bleaching teeth

Infomoga.com --
Lagi viral di TikTok, kali ini metode pemutihan gigi yang cerdik. Seorang pengguna TikTok bernama @clauds244, yang suka berbagi tips kesehatan di akun miliknya. 

Video di mana dia memasukkan 3% hidrogen peroksida ke dalam kapas dan mengoleskannya ke giginya untuk membuatnya lebih putih cemerlang. 

Dia mengklaim triknya bagus karena hidrogen peroksida 3% adalah bahan yang sama dengan pemutih yang dibeli di toko. 

"Jika Anda seorang dokter gigi, jangan bilang itu salah," katanya dalam video sulih suara. 

Saat video tersebut melampaui 15 juta penayangan, pengguna lain mengikuti, mencoba mempraktikannya dan menunjukkan hasilnya, salah satunya malah dengan menambahkan soda kue. 

Jadi, bolehkah menggunakan hidrogen peroksida 3% untuk memutihkan gigi? 

Tidak Dianjurkan

Sebenarnya tidak, penggunaan hidrogen peroksida sebanyak 3% tidak direkomendasikan. Ambang batas resmi yang diizinkan untuk digunakan oleh profesional non-gigi di Inggris (tempat @claudis244 berada) hanya sebesar  0,1% sebagai antiseptik dan pemutih.

Di Amerika Serikat, strip pemutih dapat mengandung hingga 15% hidrogen peroksida, sedangkan sebagian besar produk pemutih gigi dapat mengandung 3% hingga 20% hidrogen peroksida. 

Tetapi karena dianggap sebagai perawatan kosmetik, produk pemutih gigi yang dijual bebas tidak diatur oleh Badan POM Amerikas (FDA). Untuk alasan ini, mereka tidak boleh digunakan sesering apa yang dilakukan @claudis244, yang menggunakannya selama 3 hari. 

cara memutihkan gigi, pemutih gigi, Viral, Tiktok, Tips memutihkan Gigi, Gigi Putih, Hidrogen Peroksida, bleaching gigi, bleaching teeth

Menyebabkan Iritasi Gusi dan Kerusakan Gigi

Dokter gigi Chris Strandburg, dokter gigi DDS dan juru bicara Waterpik, kepada Health, memperingatkan bahwa penggunaan rutin dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang yang serius. 

Pemutihan berkepanjangan dengan konsentrasi tinggi hidrogen peroksida, terutama selama beberapa hari berturut-turut, dapat menyebabkan iritasi gusi dan sensitivitas gigi.

"Iritasi gusi bisa menjadi parah jika lebih banyak pemutih digunakan saat gusi sudah teriritasi Sensitivitas gigi biasanya bersifat sementara (24 jam atau lebih), tetapi penggunaan pemutihan yang berkepanjangan dapat meningkatkan sensitivitas gigi secara permanen," kata Chris.

Gunakan dengan Bijak

Itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan hidrogen peroksida sama sekali pada gigi Anda. Anda masih bisa menggunakan hidrogen peroksida 3% dengan hati-hati. 

Caranya, Anda harus mengencerkannya dengan air dalam jumlah yang sama untuk menghindari luka bakar dan kerusakan. 

Gunakan dengan pasta gigi atau produk pemutih gigi yang mengandung percaproic acid phthalimide (PAP), yang jauh lebih lembut pada gusi dan enamel serta sangat efektif hanya dalam 24 jam. 

Seperti biasa, lakukan riset sebelum memperhatikan metode kesehatan atau kecantikan apa pun yang Anda lihat online, terutama jika belum diverifikasi oleh profesional dibidangnya.

Sumber: Health.com

Post a Comment for "Viral di TikTok! Cara Memutihkan Gigi dengan Hidrogen Peroksida 3%, Tidak Dianjurkan!"