Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Peringatan BMKG: Jateng Waspada Cuaca Ekstrem 21-23 Februari

info cuaca, info cuaca jateng, peringatan dini cuaca, cuaca ekstrem jateng, bmkg

Infomoga.com --
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memprakirakan cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah pada tanggal 21-23 Februari 2023.

"Potensi cuaca ekstrem tersebut berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, di Cilacap, Senin (20/2) seperti dikutip dari Antara via CNN Indonesia.

Ia mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang pada Senin siang, faktor yang berpotensi memicu terjadinya cuaca ekstrem pada tanggal 21-23 Februari masih sama seperti periode sebelumnya.

Dalam hal ini, faktor yang berpotensi memicu terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jateng antara lain ada fenomena Maden Jullian Oscillation (MJO) yang mulai aktif di wilayah Indonesia, masih dominannya pola monsun Asia, serta ada belokan dan konvergensi di wilayah Jateng.

Selain itu, didukung dengan kelembapan udara yang relatif tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil berpotensi menyebabkan intensifikasi pertumbuhan awan hujan.

Berikut sejumlah wilayah Jateng yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem selama tiga hari ke depan:

21 Februari 2023

Meliputi Kabupaten Boyolali, Demak, Jepara, Pati, Kudus, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kabupaten/Kota Magelang, Kabupaten/Kota Pekalongan, dan Kabupaten Tegal.

Kemudian Kebumen, Purworejo, Salatiga, Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

22 Februari 2022

Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Demak, Jepara, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Boyolali, Brebes, Cilacap, Kebumen, Karanganyar, dan Kabupaten/Kota Magelang. 

Kemudian Kendal, Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Purbalingga, Salatiga, Kabupaten/Kota Semarang, Sragen, Kabupaten Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

23 Februari 2023

Wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem meliputi Kabupaten Demak, Jepara, Pati, Kudus, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Kendal, Kabupaten/Kota Magelang, Pemalang, Kabupaten/Kota Pekalongan, Purbalingga, Rembang, Salatiga, dan Kabupaten Semarang.

Kemudian Purworejo, Kebumen, Kabupaten Tegal, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

"Terkait dengan potensi cuaca ekstrem tersebut, kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang," pungkas Teguh.

Sumber: Antara dan CNN Indonesia

Post a Comment for "Peringatan BMKG: Jateng Waspada Cuaca Ekstrem 21-23 Februari"