Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cimplung, Camilan Sehat Penuh Manfaat ala Kampung

kuliner tradisional, cimplung, cimplungsingkong, kuliner Indonesia, kuliner tradisional, Indonesia Culinary, Indonesia kaya, kolak singkong, kolek bod

Infomoga.com
-- Cimplung atau kolak singkong adalah Camilan berbahan dasar ketela, singkong, atau ubi kayu yang direbus hingga empuk bersama air yang telah ditambahkan gula merah dan pandan.

Memasaknya bisa memakan waktu cukup lama hingga singkong menjadi empuk dan rebusan air gula merahnya meresap menjadi lengket seperti karamel.

Kuliner manis ini banyak ditemui di wilayah Eks Karesidenan Banyumas, salah satunya di Pemalang, tepatnya di kawasan Moga dan sekitarnya.

Meski berasal dari kampung, makanan ini mengandung gizi yang  tidak bisa diremehkan, fungsi utamanya mampu meningkatkan energi tubuh.

Singkong yang menjadi bahan utama diketahui mengandung karbohidrat.

Dirangkum dari berbagai sumber, dalam 100 gram singkong terdapat 160 kalori, 38,06 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 1,7 gram gula, 14 miligram sodium, dan 271 miligram kalium.

Cimplung dimasak dengan cara direbus yang merupakan cara memasak terbaik, sehingga kandungan nutrisi dalam singkong tidak hilang.

Nah, oleh karena itu, penganan ini bisa dijadikan pangan bergizi alternatif, pengganti beras, gandum maupun jagung.

Proses pembuatannya relatif mudah, siapa pun bisa memasaknya sendiri di rumah.

Cimplung biasanya disajikan hangat ataupun dingin. Semakin nikmat bila disandingkan bersama minuman kopi ataupun teh panas tanpa gula.

Hemmm... yummy 🤤

Diolah dari berbagai sumber

Post a Comment for "Cimplung, Camilan Sehat Penuh Manfaat ala Kampung"