Widget HTML #1

Septic Tank Jangan Dianggap Sepele, Meleng Dikit Bisa Meledak

septic tank, gas metana, septic tank meledak, cara membuat septic tank

Infomoga.com --
Pria berinisial SY (26) di Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) menderita luka bakar dan kamar kosannya berantakan setelah ledakan septic tank usai dirinya membakar rokok saat hendak buang air besar (BAB) dalam toilet kamar kosnya.

Insiden itu berawal saat korban SY hendak buang air besar di dalam toilet kamar kosnya di Jalan Anggrek Sengkang, Kecamatan Tempe, Wajo, Jumat (7/7) sore. Namun korban SY rupanya membawa rokok dan korek karena ingin BAB sambil merokok.

"Mau jamban (buang air besar) nabakar ki rokoknya (hingga terjadi ledakan)," ujar Kapolres Wajo AKBP Fatchur Rochman kepada detikSulsel, Minggu (9/7/2023) lalu.

Penyebab Septic Tank Meledak

Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani pernah menjelaskan kepada detikcom perihal proses pembentukan gas metana yang disebut dengan proses anaerobik. Proses ini alami terjadi karena aktivitas mikroba bakteri yang ada dalam septic tank.

"Dalam di septic tank itu terjadi proses alami yang disebut proses anaerobik. Proses anaerobik ialah proses yang menggunakan mikroba alami, yang biasanya sudah ada di dalam situ (septic tank). Proses itu nggak boleh ada oksigennya karena bakteri itu bisa hidup tanpa oksigen, makanya kenapa septic tank itu harus ada di kedalaman tertentu, kedap udara dan ada pipa saluran gasnya," kata Neni saat dihubungi detikcom, kala itu.

Selama proses tersebut, lanjut Neni, mikroba melakukan proses penguraian tinja hingga menghasilkan biogas. Salah satu biogas yang dihasilkan ialah gas metana (CH4). Gas ini memiliki sifat yang mudah terbakar.

Apabila septic tank tak memiliki saluran pipa pengularan yang layak, menurut Neni, gas akan mencari lubang lain. Bahkan, gas bisa juga keluar dari lubang WC.

"Kalau septic itu tidak memiliki saluran pengeluaran gas yang layak atau malah tidak ada, maka gasnya akan mencari jalan keluar. Entah melalui lubang WC sendiri, makanya kadang ada yang suka muncrat karena tekanan gas. Atau melalui lubang lainnya yang ada," ungkapnya.

Dengan sifat gas metan yang mudah terbakar tadi, maka api dari puntung rokok saja bisa memicu terbakarnya gas metan yang bocor dari celah WC hingga memicu ledakan.

"Biogasnya terdiri dari banyak gas, terutama adalah gas metana. Gas metana itu gas yang mudah meledak atau terbakar," ujar Neni.

Cara Mencegah

Untuk mencegah terjadinya ledakan seperti yang menimpa pria di Wajo, cara utamanya adalah dengan membangun septic tank sesuai dengan standar yang ada. 

Baik dari segi ukuran, penggunaan komponen pendukung hingga penempatan atau lokasinya di rumah.

Bagaimana septic tank yang sesuai standar?

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, tangki septik adalah bak kedap air yang berfungsi sebagai tempat penampungan limbah kotoran manusia. Melalui tangki septik, kotoran manusia akan tertampung di dalamnya.

Tangki septik terdiri dari 2 jenis, yaitu tangki septik sistem tercampur dan terpisah. Tangki septik sistem tercampur maksudnya adalah tangki septik yang digunakan dari buangan air limbah rumah tangga yang meliputi mandi, cuci, kakus.

Sementara itu, tangki septik terpisah adalah tangki septik yang digunakan hanya dari buangan kakus alias kotoran manusia.

Melansir dari SNI 2398:2017, ada beberapa kriteria standar bentuk dan ukuran untuk tangki septik, di antaranya yaitu:

- Bentuk segi empat dengan panjang x lebar 2:1 sampai 3:1
- Lebar minimal 0,75 meter
- Panjang minimal 1,5 meter
- Tinggi minimal 1,5 meter termasuk ambang batas 0,3 meter
- Volume disesuaikan dengan jumlah penghuni.

Misalnya, jika suatu rumah dihuni oleh 5 orang, maka ukuran tangki dengan periode pengurasan 3 tahun menggunakan tangki septik sistem terpisah maka diperlukan tangki septik ukuran panjang 1,6 meter, lebar 0,8 meter, dan tinggi 1,3 meter.

Ketika membangun tangki septik juga pastikan ada saluran udara yang baik. Sebab, air limbah yang ditampung pada tangki septik menghasilkan gas metana (CH4) yang jika tidak dikeluarkan, maka tangki septik berpotensi untuk meledak.

Gas metana juga punya sifat mudah terbakar, sehingga harus dihindarkan dari sumber api atau bahan mudah terbakar lainnya.

Selain itu, jarak dari tangki septik ke sumber air bersih minimal 10 meter. Hal ini supaya air bersih tidak tercemar dengan isi dari tangki septik.

Sumber: Detik

Post a Comment for "Septic Tank Jangan Dianggap Sepele, Meleng Dikit Bisa Meledak"