Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tebing Longsor, Jalur Moga-Guci Tertutup Lima Jam

Longsor di Jalur Moga-Guci (Dok.beritaekspres)

MOGARAYA- Hujan deras yang mengguyur wilayah sisi utara pegunungan Slamet sepanjang Minggu kemarin menyebabkan tebing setinggi belasan meter di Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal longsor.

Akibat banyaknya material longsoran yang menutupi jalan di jalur Tuwel-Moga penghubung Kabupaten Tegal dengan Kabupaten Pemalang, tertutup selama lebih kurang lima jam. Kendaraan dari dua arah terpaksa dialihkan. Dari arah Pemalang, kendaraan dialihkan di pertigaan Suniarsih, Bojong menuju ke arah Cikura. Adapun dari arah Tuwel/Bojong, kendaraan dialihkan di Dukuh Tere menuju Karang Mulya. Kades Rembul, Effendi, menjelaskan tebing longsor sekitar pukul 19.00. 

Material longsoran berupa tanah dan batu, menutup jalan sepanjang sepuluh meter. Ketinggian timbunan mencapai sekitar empat meter. Sebelum alat berat didatangkan, pembersihan material dilakukan oleh warga menggunakan pacul dan sekop. 

Wakil Bupati Umi Azizah, unsur muspika setempat dan sukarelawan dari berbagai elemen juga ikut membantu proses pembersihan material longsoran. Selain muspika, sukarelawan yang ikut turun ke lokasi antara lain dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), dan warga setempat. 

Kapolsek Bojong, AKP Suratman, mememinta pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dan mewaspadai longsor, saat melintas di kawasan perbukitan terutama saat hujan deras,’’kata dia.(MR/SM)

Post a Comment for "Tebing Longsor, Jalur Moga-Guci Tertutup Lima Jam"