Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pikap Angkut Orang, Siap-siap Dikandangkan

Transportasi pedesaan masih mengandalkan angkutan bak terbuka
Pemalang, Mogaraya.com- Aparat kepolisian di wilayah Pemalang akan merazia pikap yang digunakan untuk mengangkut orang. Penegasan itu disampaikan Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda, di depan pengurus organda, LSM, dan para petugas Dishubkominfo, dalam rapat koordinasi angkutan bak terbuka di ruang Rekonfu Mapolres Selasa (2/2) pagi. 

”Sekarang ini kami baru melakukan tindakan persuasif, dengan melakukan tilang kepada kendaraan bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut orang. Nantinya kami akan bertindak lebih tegas,” kata Kapolres, didampingi Kasatlantas AKP Ardiansyah. 

Polisi nantinya tidak hanya memberikan surat tilang serta menyita SIM dan STNK, tetapi juga menahan kendaraan pikap tersebut. Tindakan tegas itu, dilakukan demi keamanan dan keselamatan masyarakat. 

Melanggar 
Dalam rakor tersebut Kapolres mengatakan penggunaan angkutan barang dan penumpang harus sesuai ketentuan keselamatan dan keamanan. Kalau bak terbuka digunakan untuk mengakut orang, itu sudah melanggar. Hal itu bisa menimbulkan kecelakaan dengan korban banyak. 

Angka kecelakaan yang melibatkan pikap sudah banyak dan menelan korban tidak sedikit. Dalam lima tahun terakhir, di Pemalang sudah terjadi 621 kecelakaan serupa dengan korban 185 orang. Sementara itu Kabid Hubdarla Dishubkominfo Pemalang, Bambang Haryono mengatakan jika polisi bisa tegas dalam menertibkan mobil pikap yang digunakan untuk mengangkut orang, hal itu akan membuat pelaku bisnis tersebut jera. 

Pemerintah daerah sudah menyediakan angkutan penumpang umum di daerah pedesaan. Tetapi keberadaan mereka kalah bersaing dengan angkutan penumpang liar itu. 

So, siap-siap lur, aja nganti ketangkep...

Sumber: Suara Merdeka diolah

Post a Comment for "Pikap Angkut Orang, Siap-siap Dikandangkan"