Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Erupsi Gunung Semeru, Semburkan Abu 600 m

Gunung Semeru (Pixabay)
Infomoga.com- Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan mengeluarkan kolom abu hingga kurang lebih 600 meter dari puncak, sebagaimana menurut laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Jumat (17/1) pukul 17:22 WIB. Kolom abu tersebut teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah utara.


Berdasarkan laporan pengamatan PVMBG, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 1 menit 39 detik. Hingga saat ini status gunung tertinggi di Pulau Jawa itu berada pada level II dengan status waspada.

Kendati demikian masyarakat dihimbau agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas dan mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jongring Seloko.


Selain itu masyarakat diminta agar selalu mengikuti informasi resmi dari instansi yang berwenang serta tidak terpengaruh dengan adanya berita dari sumber yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Post a Comment for "Erupsi Gunung Semeru, Semburkan Abu 600 m"