Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Heboh 'Petai' Raksasa dari Banjarnegara

Heboh 'Petai' Raksasa dari Banjarnegara

Infomoga.com -- Banjarnegara, warganet kembali dibuat heboh. Kali ini warga Desa Panawaren, Kecamatan Sigaluh, menemukan buah yang mirip dengan petai tapi dengan ukuran tak biasa alias raksasa.

Buah tersebut berasal sebuah pohon di tengah hutan lindung Pringamba 2, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Jawa Tengah. Penemuan pohon dengan buah ukuran besar tersebut lalu diunggah dan menjadi viral di media sosial.

Baca juga: Aneh Tapi Nyata, Video Mobil Tersesat di Hutan Moga

Banyak warganet mengira foto buah 'petai' raksasa tersebut hanya editan. 'Petai' dengan panjang 120 sentimeter masih disimpan salah seorang warga. 'Petai' tersebut dipetik dari pohonnya pada Minggu (15/3) lalu.

"Jadi yang viral di media sosial itu bukan foto editan. Ini memang benar ada buah yang mirip petai dengan ukuran besar. Dipetik dari hutan lindung Pringamba 2," jelas Agus Martin, salah seorang warga Desa Panawaren seperti dikutip detikcom, Senin (23/3/2020).

Ditemukan secara tidak sengaja


Pohon dengan 'petai' berukuran besar ini ditemukan oleh seorang pemuda di Desa Panawaren sedang menanam pohon di hutan lindung Pringamba 2.

Heboh 'Petai' Raksasa dari Banjarnegara

"Awalnya itu, pas kami melakukan penanaman pohon di hutan lindung itu. Karena sumber air bersih warga di sini, dari hutan lindung itu. Dan musim kemarau kemarin kami kesulitan air bersih. Makanya, warga di sini sepakat untuk menanami pohon untuk konservasi. Tapi, saat melakukan penanaman pohon ada yang melihat buah yang mirip petai itu," jelasnya.

Menurutnya, selama ini belum ada warga di desanya yang melihat buah tersebut. Mengingat pohonnya berada di hutan lindung yang jaraknya sekitar 7 kilometer dari permukiman warga.

Belum berani dikonsumsi


Bahrin, warga Desa Panawaren lainnya mengatakan, saat dibuka bentuknya menyerupai jengkol muda. Warnanya putih dan terdapat pelindungnya.

Baca juga: Detik-detik Robohnya Pohon Tua di Penakir yang Sempat Viral!

"Kalau dibuka isinya itu seperti jengkol. Warga tidak ada yang berani makan, takutnya beracun. Tetapi pernah ada yang menggigit katanya rasanya pahit dan sengir (lengis)," kata dia.

Sumber: detik.com

Post a Comment for "Heboh 'Petai' Raksasa dari Banjarnegara"