Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 5 Manfaat Daun Pepaya, Salah Satunya untuk Demam Berdarah

Ilustrasi via Igor Ovsyannykov dari Pixabay 
Infomoga.com -- Pohon pepaya banyak tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia. Pepaya memiliki buah yang bertekstur lembut dengan beragam manfaat dan khasiat untuk kesehatan, salah satu manfaat buah ini untuk menjaga pencernaan kita biar tetap sehat.

Namun, bukan hanya buahnya saja yang dikonsumsi, daunnya juga biasanya diolah atau dijadikan lalapan pendamping nasi.

Rasanya yang khas, cenderung pahit dan memiliki tekstur mirip daun singkong, tak menyurutkan orang mengkonsuminya, bahkan dibeberapa daerah di Indonesia  daun pepaya dijadikan bahan dasar minuman sehat atau jamu.

Baca juga: Ciplukan, Dulu Dibuang Saiki Regane Larang

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan. Daun pepaya juga mengandung phytochemical, vitamin dan mineral.

Selain itu, daun pepaya juga mengandung flavonoid, tanin, α-tokoferol (sejenis vitamin E), beta-karoten, asam askorbat, alkaloid (carpaine), fenol, mineral seperti kalsium, natrium, besi, magnesium dan vitamin A, C, B, K.

Ragam Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan


Dikutip dari pingpoin.co.id dan boldsky.com (9/3/2020) berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

1) Menangani Permasalahan Menstruasi

Bagi perempuan, permasalahan menstruasi menjadi masalah yang cukup pelik. Karena menstruasi terjadi secara kontinyu.Nah, Daun pepaya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah yang timbul saat masa mentruasi datang.

Ini 5 Manfaat Daun Pepaya
Ilustrasi via Pixabay
Salah satu manfaatnya yaitu membantu mengurangi kembung yang sering terjadi saat mentruasi, selain itu daun pepaya juga mampu meringankan kram perut.

2) Obati Masalah Kulit

Sebuah penelitian, daun pepaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan permasalahan kulit, gatal-gatal pada kulit, khususnya kanker kulit.

Ini 5 Manfaat Daun Pepaya
Ilustrasi via Pixabay
Daun pepaya memiliki efek sitotoksi yang mampu membantu membunuh sel kanker dan menghambat sel kanker untuk tumbuh.

3) Menjaga Kesehatan Hati

Kandungan antioksidan dan vitamin E yang terdapat pada daun pepaya dipercaya dapat memperbaiki fungsi hati agar selalu sehat dan terhindar dari kerusakan.

Ini 5 Manfaat Daun Pepaya
Ilustrasi via cdc.gov
Kerusakan pada hati bisa saja mengarah pada hepatitis atau sirosis yang berkaitan dengan HCV dan ini dapat dihindari dengan mengkonsumsi daun pepaya secara rutin.

4) Mengobati Malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Penyakit ini yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium.

Ini 5 Manfaat Daun Pepaya
Ilustrasi via Pixabay
Menurut sebuah penelitian jika Anda rutin mengonsumsi daun pepaya saat terserang malaria, khasiat  yang terkandung dalam daun pepaya dipercaya dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sel darah merah dan mengurangi parasit dalam tubuh sehingga mempercepat proses pemulihan.

Baca juga: Suweg, Ternyata Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes Loh...

5) Mengatasi Demam Berdarah

Yang terakhir, khasiat daun pepaya yakni mengobati penyakit Demam berdarah. Salah satu penyakit yang masih menjadi momok sebagian warga negara Indonesia.

Ilustrasi via sukabumiupdate.com
Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan menginfeksi hampir 50 hingga 200 juta orang di dunia per tahunnya. Nah, berdasarkan penelitian, ekstrak daun pepaya berpotensi untuk meningkatkan jumlah trombosit darah sehingga bisa mengurangi demam pada penderita penyakit demam berdarah.

Post a Comment for "Ini 5 Manfaat Daun Pepaya, Salah Satunya untuk Demam Berdarah"