Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Capai 3.000 Meter


Infomoga.com -- Boyolali, Gunung Merapi kembali mengalami erupsi malam ini. Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini erupsi pada pukul 19.25 WIB.

"Terjadi erupsi di Gunung Merapi tanggal 28 Maret 2020 pukul 19.25 WIB," demikian disampaikan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun Twitternya @BPPTKG, Sabtu (28/3/2020).

Erupsi kali ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 243 detik. Erupsi ini menjadi yang kedua setelah erupsi pada pagi tadi pukul 05.21 WIB.

Baca juga: Gunung Merapi Meletus Pagi Ini, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang

"Teramati tinggi kolom erupsi 3.000 m. Arah angin saat erupsi ke Barat," demikian disampaikan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun Twitternya @BPPTKG, Sabtu (28/3/2020).


Warga Boyolali dengar suara gemuruh



Warga di lereng Gunung Merapi, Boyolali mendengar suara gemuruh saat erupsi terjadi seperti dilansir detik.com, (28/3/2020).

"Terdengar suara gemuruh, juga terlihat ada kilat," kata Kepala Dusun (Kadus) Stabelan, Desa Tlogolele, Maryanto.

Dukuh Stabelan merupakan Kawasan Rawan Bencana (KRB) III. Dukuh ini juga meripakan perkampungan penduduk paling atas di Desa Tlogolele, dan berjarak sekitar 3,5 Km dari puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Pagi Ini Gunung Merapi Kembali Erupsi

Namun demikian, lanjut Maryanto, erupsi Gunung Merapi malam ini tak sampai membuat warga panik. Warga terpantau tetap tenang dan beraktivitas normal.

Status Gunung Merapi hingga saat ini masih waspada sejak ditetapkan pada 21 Mei 2018 silam.

Post a Comment for "Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Capai 3.000 Meter"