Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pemalang COVID-19 : 9 Orang Dalam Pemantauan 2 Pasien Dalam Pengawasan

Pemalang COVID-19 : 9 Orang Dalam Pemantauan 2 Pasien Dalam Pengawasan

Infomoga.com -- Sebaran COVID-19 terus bertambah. Di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah tercatat ada 12 Pasien terkait virus corona. 9 pasien diantaranya masuk daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP), sedangkan 2 lainnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

PDP pertama yang sudah dirujuk ke RSUD Kardinah Tegal dengan hasil laporan pemeriksaan negatif, dan yang di kirim ke RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan masih dilakukan observasi belum diperoleh hasil laporan.

Baca juga: Seorang Warga Randudongkal Diduga Suspeck Corona diisolasi di RSUD Kardinah Tegal

Hal tersebut terungkap saat dilaksanakan teleconference antara Bupati Pemalang bersama jajaran forkopimda Kabupaten Pemalang, terkait kewaspadaan dan kesiapsiagaan beberapa dinas, pusat layanan kesehatan, pusat perbelanjaan, sekolah dan terminal, Rabu (18/3/2020)  seperti dikutip dari Akuratnews (19/2/2020).

Bertempat di Commandroom Diskominfo Kabupaten Pemalang, Bupati Pemalang Junedi melakukan Teleconference ke beberapa dinas, pusat layanan umum diantaranya RSUD dr. M. ASHARI, Pemalang.

Junaedi melalui teleconference menghubungi management RSUD dr. M. ASHARI Pemalang. Dalam teleconference tersebut ditanyakan mengenai mengenai kesiapsiagaan dan kewaspadaan yang telah dilakukan oleh pihak rumah sakit terkait penanganan dan pencegahan terjangkitnya virus corona.

Direktur RSUD dr.M. ASHARI Pemalang dr. Sunardo Budi Santoso, Sp. THT-KL, M.Kes., menjelaskan mengenai penanganan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan rumah sakit dalam menangani kasus Covid-19 tersebut.

Sunardo melaporkan kondisi per tanggal 18/3/2020 bahwa data Orang Dalam Pemantauan (ODP) 9, Pasien Dalam Pengawas (PDP) sebanyak 2(dua) orang.

“ODP Ada 9 pasien, PDP sebanyak 2 pasien. PDP pertama sudah dirujuk ke RSUD Kardinah Tegal dengan laporan pemeriksaan negatif. Yang di kirim ke RSUD Kraton kabupaten Pekalongan masih dilakukan observasi belum ada hasilnya," kata Sunardo.

Direktur juga menjelaskan kesiapsiagaan alat, peralatan dan medis serta paramedis yang ada di RSUD tersebut.

Dijelaskan bahwa pasien reguler dan pasien yang diduga mengindap virus corona dilakukan penanganan terpisah dengan pola khusus untuk perawatan pasien tersebut.

Mulai dari penerimaan dengan informasi awal pasien diduga mengindap virus Covid-19, maka mulai dari satuan pengamanan sudah mulai diarahkan ke ruang isolasi dengan perawat yang mengenakan baju khusus.

Baca juag: Resmi Dirilis Pemerintah, Ini Protokol Lengkap Jika Alami Gejala Virus Corona

Jika pasien dinyatakan dalam pengawasan maka akan dirujuk ke RSUD Kardinah Tegal atau RSUD Keraton Pekalongan.

Sunardo juga menjelaskan bahwa saat ini RSUD Pemalang hanya menyediakan ruang isolasi konvensional.

Namun jika kondisi memaksa, direktur RSUD akan berusaha menyiapkan beberapa ruangan yang ada menjadi ruang isolasi.

Post a Comment for "Pemalang COVID-19 : 9 Orang Dalam Pemantauan 2 Pasien Dalam Pengawasan"