Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menyaksikan Supermoon di Langit Indonesia Malam Nanti

Menyaksikan Supermoon di Langit Indonesia

Infomoga.com -- Malam ini fenomena alam supermoon bakal muncul lagi, dan dapat disaksikan di seluruh dunia. Di Indonesia malam ini mencapai puncaknya.

Supermoon yang pada Maret 2020 dikenal dengan sebutan Super Worm Moon akan bisa disaksikan di semua belahan dunia pada malam ini, Senin (9/3/2020). .

Menurut Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Pussainsa LAPAN) Rhorom Priyatikanto, puncak supermoon di Indonesia bakal terlihat di Indonesia malam ini, tepatnya pukul 24:00 WIB seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Baca juga: Pagi Ini Gunung Merapi Kembali Erupsi

Fenomena alam Super Worm Moon yang terlihat lebih besar dan terang ini terlihat jelas di wilayah India, Timur Tengah, Eropa, Amerika. Untuk wilayah Amerika Utara fenomena ini akan mudah terpantau pada siang hari.

Menurut Forbes, di New Delhi bulan muncul mulai 6:06 PM, Dubai (6:11 PM), Moscow (5:46 P), Paris (6:29 PM), London (5:35 PM), New York (7:01 PM), Chicago (6:57 PM), Denver (7:12 PM), Los Angeles (7:12 PM).

Setidaknya ada tiga fenomena bulan purnama terlihat besar dan dekat pada tahun ini, yaitu Super Worm Moon (9 Maret), Super Pink Moon (8 April) dan Super Flower Moon (7 Mei).

Perbedaan ukuran supermoon ini tidak akan terlihat oleh sebagian besar pengamat mengutip Space.com.

Apa itu Supermoon


Menyaksikan Supermoon di Langit Indonesia

Supermoon adalah bulan akan tampak lebih besar dan terang adalah ketika mencapai perigee atau titik terdekat dari Bumi dalam orbitnya.

Baca juga: 70 Tahun Evolusi Telepon Seluler

Saat itu orbit bulan akan membentuk lingkaran yang sempurna, dan masa perigee itu berdasarkan penelitian menjelaskan bulan akan berjarak sekitar 360.461 km dari Bumi, dibandingkan jarak rata-rata 384.400 km.

Ketika bulan purnama bertepatan dengan perigee atau disebut "supermoon" tetapi dalam kasus ini bulan purnama akan kehilangan perigee sekitar satu setengah hari.

Post a Comment for "Menyaksikan Supermoon di Langit Indonesia Malam Nanti"