Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Mendapatkan Token Gratis PLN, Bisa Lewat WA Lurr!


Infomoga.com -- Kabar gembira untuk masyarakat lapisan bawah, terutama pelanggan listrik dengan daya  450 VA. Pasalnya Pemerintah menggratiskan biaya pemakaian listrik dengan daya tersebut selama tiga bulan ke depan.

Cara ini ditempuh sebagai bagian dari jaring pengaman sosial dalam mengantisipasi dampak COVID-19.

Kabar ini disampaikan langsung Presiden Joko Widodo, "Perlu saya sampaikan bahwa untuk pelanggan listrik 450 VA, yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan, akan digratiskan selama tiga bulan ke depan yaitu untuk bulan April, Mei, dan bulan Juni 2020," ujarnya dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada akhir Maret lalu.

Baca juga: Catat lurr, Daftar Perusahaan Leasing yang Berikan Keringanan Kredit

Pemberian stimulus ekonomi untuk sekitar 24 juta pelanggan listrik golongan daya 450 VA tersebut akan berlaku mulai bulan April sampai dengan Juni 2020 mendatang.

Diskon 50 Persen


Sementara bagi pelanggan listrik dengan daya 900 VA, pemerintah memberikan keringanan biaya pemakaian berupa potongan tarif sebesar 50 persen selama tiga bulan ke depan seperti dilansir laman Genpi.co, (1/4/2020).

"Untuk pelanggan 900 VA yang jumlahnya sekitar tujuh juta pelanggan akan didiskon 50 persen, artinya hanya membayar separuh saja untuk bulan April, Mei, dan bulan Juni 2020," tandasnya.

PLN Bersiap


PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero langsung menyiapkan pelaksanaan teknis  atas kebijakanPresiden Joko Wdodo untuk  membebaskan biaya listrik pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen untuk pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyebutkan pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi di PLN ada dua jenis, yakni menggunakan kWh meter pascabayar dan prabayar atau menggunakan token.

"Bagi pelanggan prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir," kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini melalui keterangan resminya dilansir Genpi.co dari Antara, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: 5 Fakta Pemandian Kali Suci yang Segar & Beningnya Menyejukkan Hati

Sementara itu, kata dia, pelanggan yang terlanjur membeli, maka token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan. "Jadi token yang telah dibeli tidak hilang," ujar Zulkifli.

PLN saat ini tengah melakukan proses pendataan ke dalam sistem, untuk pelanggan bersubsidi tersebut.

Proses tersebut dijadwalkan akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

Pelanggan listrik pascabayar
"Untuk yang pascabayar, tidak ada masalah, karena pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran," lanjutnya.

Dilansir dari laman PLN, disebutkan untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

Sementara itu, untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen.

Bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Baca juga: Update COVID-19 Pemalang: Dua Pasien Terkonfirmasi Positif Corona

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA bersubsidi.

Mekanisme melalui website

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID pelanggan/ nomor meter. Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123

1. Buka aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Post a Comment for "Begini Cara Mendapatkan Token Gratis PLN, Bisa Lewat WA Lurr!"