Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update COVID-19 Pemalang: Dua Pasien Terkonfirmasi Positif Corona


Infomoga.com -- Pemalang, Bupati Pemalang Junaedi mengumumkan bahwa dua orang warganya terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan lab swab yang dilakukan Rumah Sakit (RS) Bhakti Wira Tamtama Semarang.

''Data yang kami terima ada dua pasien dari hasil lab swab RS Bhakti Wira Tamtama di Semarang dinyatakan positif,'' kata Junaedi dalam video siaran pers yang diunggah akun Facebook Harian Pemalang, Rabu (2/4/2020) siang.

Dalam video tersebut, Bupati Junaedi menjelaskan, dua pasien tersebut satu pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 61 tahun dan satu pasien perempuan berusia 60 tahun.

Baca juga: Pemalang Siapkan Anggaran Besar Antispasi Virus Corona

"Dua pasien positif COVID-19 yaitu, sesorang seorang laki-laki berumur 61 tahun dan seorang perempuan berumur 60 tahun," jelas Junaedi.

Kronologis 


Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pemalang telah menerima informasi yang meyebutkan salah satu pasien pada tanggal 15 Maret 2020 melakukan pemeriksaan di RS Siaga Medika Pemalang.

Kemudian setelah tiga hari salah satu pasien berstatus pasien dalam perawatan (PDP) dirujuk ke Rumah Sakit Tentara yang ada di Semarang, Jawa Tengah.

Junaedi menuturkan kedua pasien tersebut saat ini, satu orang dirawat di Semarang dan satu orang lainnya dirawat di RSUD dr. M Ashari Pemalang.

Baca juga: 3 Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Pemalang

Namun, Junaedi enggan menjelaskan lebih rinci data kedua pasien yang dirawat tersebut karena merupakan terkait data pribadi yang harus dilindungi.

Sudah dilakukan tracking


Dari riwayat perjalanan pasien yang diterima pihaknya, Bupati Junaedi yang juga Ketua Tim Gugus Tugas telah memperintahkan Kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan tracking atau penelusuran kontak pasien dengan siapa saja.

"Sudah dilakukan tracking, saya sudah memerintahkan Kepala Dinas (kesehatan) untuk melakukan tracking, bagaimana, siapa saja yang pernah kotak dengan beliau-beliau (pasien),  Junaedi.

Dalam konferensi pers yang digelar di Posko Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Pemalang, Bupati didampingi Kapolres dan Dandim Pemalang mengajak semua pemangku kepentingan dan pihak terkait di Pemalang untuk menyatukan langkah dan merapatkan barisan melaksanakan tugas negara dengan baik.

"Saya kira ini menjadi konsen kita bersama untuk menyatukan langkah, merapatkan barisan untuk melakukan tugas negara dengan baik," pintanya.

Status Tanggap Darurat


Masih berdasarkan informasi video yang berdurasi 5:25 detik tersebut, adanya pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Pemalang, maka akan ada peningkatan status menjadi Tanggap Darurat. Tetapi Bupati mengatakan akan mengadakan rapat terlebih dahulu bersama pihak-pihak terkait.

"Nanti kita rapatkan dulu dengan teman-teman (pihak terkait) statusnya harus kita tingkatkan karena sudah termasuk tanggap darurat," pungkas Junaedi.

Baca juga: Bupati Junaedi: Pemalang Belum Perlu "Lockdown"

Sementara itu berdasarkan Pusat Informasi Corona (ICor) Kabupaten pemalang  menyebutkan data warga terkait Virus Corona hingga Kamis Kamis, 02 April 2020 14:30 WIB tercatat orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1749 orang, meliputi 603 orang selesai penanganan dan 1146 orang masih proses pemantauan oleh petugas kesehatan.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 21 orang, meliputi 9 orang selesai penanganan (negatif) dan 12 orang masih proses observasi atau pengawasan di rumah sakit. Serta terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 2 orang dalam perawatan.

Post a Comment for "Update COVID-19 Pemalang: Dua Pasien Terkonfirmasi Positif Corona"