Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua Gempa Guncang Indonesia Sore Ini, Tak Berpotensi Tsunami


Infomoga.com -- Dua gempa tektonik bermagnitudo cukup besar terjadi di Indonesia sore ini, Kamis (30/4/2020).

Berdasarkan keterangan BMKG, gempa pertama mengguncang Sumatera Utara bermagnitudo M 5,6 yang dimutakhirkan menjadi M 5,1. Kemudian disusul gempa M 5,0 yang mengguncang wilayah Sukabumi Selatan, Jawa Barat.

Padang Lawas,  Sumatera Utara 


Gempa tektonik bermagnitudo  5,6 terjadi pukul 15.20.00 WIB di Padang Lawas, Sumatera Utara. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M=5,6 yang selanjutnya diperbaharui menjadi M=5,1 seperti dilaporkan Kompas.com.

Baca juga: Halmahera Barat dan Bengkulu Diguncang Gempa Pagi Ini

Pusat gempa berada pada koordinat 1.19 LN dan 99.46 BT. Tepatnya pada 24 km Barat Laut Padang Lawas - Sumatera Utara dengan kedalaman 16 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Aek Godang, Pinang Sori dengan intensitas III MMI .

Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 16.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Sukabumi Selatan, Jawa Barat 


Tidak lama setelah gempabumi mengguncang Sumatera Utara, pukul 15.22.00 WIB, gempa tektonik berkekuatan M=5,0 mengguncang bagian Selatan Pulau Jawa, tepatnya wilayah Sukabumi Selatan, Jawa Barat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan magnitudo awal M=5,0 kemudian dimutakhirkan menjadi M=4,9.

Pusat gempa terletak pada koordinat 7.44 LS dan 106.69 BT. Tepatnya berlokasi di laut, 48 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 50 km. Tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa 5 Magnitudo Guncang Sukabumi Jawa Barat

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Cibadak, Cikembang Karang Hawu Cisolok Sukabumi, Kalapanunggal, Malingping, Gunung Wangun Cibeber, Ciletuh, Bayah dengan intensitas III MMI.

Selain itu, gempa juga dirasakan di Sawarna dan Pangalengan Bandung, dengan intensitas II-III MMI, dirasakan di Puncak Bogor dengan intensitas II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat dua gempabumi tersebut.

(sumber: Kompas / BMKG)

Post a Comment for "Dua Gempa Guncang Indonesia Sore Ini, Tak Berpotensi Tsunami"