Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Halmahera Barat dan Bengkulu Diguncang Gempa Pagi Ini


Infomoga.com -- Gempa bumi mengguncang Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, Senin dini hari (6/4/2020). Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 terasa hingga ke Bitung.

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dipantau di Jakarta, dilansir laman Antara, menyebutkan gempa Jailolo terjadi pada Senin dini hari pukul 01.37 WIB.

Gempa berlokasi di 1,52 lintang utara (LU) - 126,46 bujur timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di laut 122 kilometer barat laut Jailolo.

Baca juga: Video Detik-detik Menakutkan Pascagempa Sukabumi

Getaran gempa dirasakan sampai Bitung, Sulawesi Utara dalam skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI), Siau dalam skala III-IV MMI, Manado dalam skala III-IV MMI, dan Ternate dalam skala II MMI.

Sebelumnya, Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Sulawesi Utara juga melaporkan kejadian gempa bumi tersebut.

"Gempa tersebut terasa di Kota Bitung, Manado, Siau dan tempat-tempat lainnya kira-kira pada skala II-IV MMI dan tidak berpotensi tsunami," kata Staf Operasional Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Sulawesi Utara Zulkifli.

Gempa Guncang Bengkulu


Selain Halmahera Barat, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 juga mengguncang Pulau Enggano, Bengkulu Utara, Senin pagi(6/4/2020).

Sebagaimana dilansir laman Antara dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi pada pukul 05.42 WIB.

Baca juga: Empat Lawang Diguncang Gempa 4,3 SR, Terasa Hingga ke Bengkulu

Gempa berlokasi di 5,26 Lintang Selatan - 102,40 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada di 17 kilometer timurlaut Pulau Enggano.

BMKG menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun memperingatkan akan adanya gempa susulan yang mungkin terjadi.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG.

Post a Comment for "Halmahera Barat dan Bengkulu Diguncang Gempa Pagi Ini"