Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cuplikan Adegan Film Balada Cinta Anglingdarma (1990) yang Berlokasi di Pemandian Moga

prabu anglingdarma, balada cinta anglingdarma, film angling darma, film anglingdarma, pemandian moga, lokasi syuting film anglingdarma, torro margens, kanta indah film

Infomoga.com --
Balada Cinta Anglingdarma adalah sebuah film yang diangkat dari cerita rakyat. Pemandian Moga menjadi salah satu lokasi syuting film yang beredar pada 1990.

Film ini menceritakan kisah penguasa Malawapati berjuluk Prabu Anglingdarma yang diperankan aktor Baron Hermanto. 

Seperti diulas filmindonesia.or.id, dikisahkan Prabu Anglingdarma sangat gemar berburu. Pada suatu hari ia menolong seorang gadis bernama Setyawati yang kelak menjadi istrinya sedang dikejar harimau. 

Baca juga: Moga 72 tahun yang lalu...

Singkat cerita, Anglingdarma kemudian diwarisi ilmu kesaktiannya berupa Aji Ginen oleh Nagaraja. Ilmu tersebut harus dijaga dengan baik dan penuh rahasia. 

Dengan ilmu tersebut, Anglingdarma bisa mendengar bahasa binatang, tapi tidak boleh diturunkan pada siapapun. 

Celakanya, waktu sedang bercumbu dengan istrinya, ia mendengar pembicaraan sepasang cicak, hingga ia tertawa. Istrinya tersinggung. Setelah diberitahu, istrinya minta diajari ilmu itu. Anglingdarma tidak mau. 

Istrinya menganggap Anglingdarma tidak cinta lagi dan berniat membakar diri. Anglingdarma mau ikut juga demi menyatakan cintanya. 

Saat akan melakukan niatnya, Angling mendengar suara kambing yang mengatakan bahwa Angling hanya mementingkan diri sendiri. Angling membatalkan niatnya, sementara istrinya sudah terlanjut membakar diri. 

Untuk membalas dosanya Angling mengembara dan menjelma menjadi belibis. Patihnya, Batik Madrim (Atin Martino), disuruh mengurusi negara. 

Setelah sekian lama tak pulang, Batik Madrim mencari dan berhasil memaksa Anglingdarma kembali ke ujud semula.

prabu anglingdarma, balada cinta anglingdarma, film angling darma, film anglingdarma, pemandian moga, lokasi syuting film anglingdarma, torro margens, kanta indah film

Pemandian Moga menjadi Tamansari

Film Balada Cinta Anglingdarma disutradarai oleh aktor gaek asli Pemalang, Torro Margens. Jadi tidak mengherankan bila beberapa lokasi syuting film ini berada di wilayah Pemalang. 

Lokasi-lokasi tersebut diantaranya kawasan Pemandian Moga dan Curug Bengkawah di Desa Sikasur, Kecamatan Belik.

Sebagai lokasi syuting film Anglingdarma episode pertama ini, Pemandian Moga disulap menjadi Tamansari kolam pemandian Putri Ambarawati (Okky Irwina Savitri), seorang putri Kerajaan Bojanagara.

Baca juga: Masjid Era Belanda, Jejak Islam di Tanah Moga

Pemandian Moga dalam film ini tersaji lewat cuplikan adegan saat Putri Ambarawati mandi dan bercengkrama di komplek Tamansari bersama para dayang dan pengasuhnya.

Pemilihan Pemandian Moga sebagai lokasi syuting menjadi bukti bahwa kawasan Moga menyimpan beragam potensi sejak jaman dahulu, terutama wisatanya. 

Bahkan jauh sebelum itu, tepatnya jaman kolonial Belanda, kawasan Pemandian Moga telah menjadi destinasi wisata favorit tuan dan nyonya Belanda serta bangsa eropa lainnya.

----------------------

Balada Cinta Anglingdarma (1990)

Pemeran

  • Baron Hermanto (Prabu Anglingdarma)
  • Fitria Anwar (Dewi Setyawati)
  • Okky Irwina Savitri (Dewi Ambarawati)
  • Atin Martino (Batik Madrim)
  • Wisnu Wardhanam Sunarto Soewandi, Wenny Rosaline, Rr Dian Sitoresmi, Basuki, Sutopo HS, dsb.

Departemen Produksi

  • Sutradara: Torro Margens 
  • Produser: Handi Muljono dan Bambang Widitomo
  • Penata skrip: Imam Tantowi dan Bambang Adi Pitoyo
  • Cerita: Imam Tantowi

Produksi

  • PT Kanta Indah Film
  • PT Sanggar Film

Tahun Produksi 

  • 1990

Dari berbagai sumber (diolah)
Video: Channel youtube Ahmad Fachry 1997


Post a Comment for "Cuplikan Adegan Film Balada Cinta Anglingdarma (1990) yang Berlokasi di Pemandian Moga"