Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Moga 72 tahun yang lalu...

milik pemerintah kerajaan belanda
Gapura menuju ke wilayah Moga 1948 (Dok. Tropenmeuseum.nl)
Infomoga.com - Sejarah kadang menumbuhkan kenangan serta membangkitkan nostalgia yang mengasyikan. Berawal dari menelusuri arsip sejarah Indonesia era kolonial untuk kerjaan kantor, iseng-iseng coba mencari arsip tentang wilayah Moga era penjajahan Belanda, eh ...dilalah ketemu beberapa arsip dan foto.

Foto gapura pintu masuk kawasan Moga bertarikh sekitar tahun 1948-1949 ini merupakan koleksi dari seorang pejabat belanda atau sekutu yang yang berdinas di kabupaten Pemalang kala itu. Dia melakukan perjalanan ke wilayah Moga bersama keluarga untuk berwisata.

Baca juga: Bus MOGA, Sejarah yang Tergilas Peradaban

Ada beberapa foto yang menggambarkan keindahan kawasan Moga, seperti kawasan pemandian Moga yang pada waktu itu disebut dengan Balekambang, kawasan Pesanggrahan yang sekarang berganti nama Hotel Moga Indah atau kawasan Cempaka Wulung.

adanya temuan foto-foto ini membuktikan bahwa Moga sejak jaman dahulu telah menjadi daerah tujuan wisata, hal ini dibuktikan dengan adanya temuan beberapa foto yang memperkuat eksistensnya.

Bahkan, jauh sebelum itu, yakni nama Moga terdapat pada naskah perjalanan Sunda kuno yang ditulis oleh bangsawan Sunda, Bujangga Manik pada sekitar tahun 1500-an (untuk kisah ini akan diulas pada artikel selanjutnya).

___________________________

Sumber: Dari berbagai sumber
Wikipedia
Tropenmuseum
Universitas Leiden, Belanda

2 comments for "Moga 72 tahun yang lalu..."

  1. Salam, apakah foto di gapura itu ada foto aslinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups...foto asli mba, saya dapat dari arsipnya Troppenmuseum Belanda

      Delete