Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kue Jipang Mandiraja, Kue Manis yang Melegenda


Infomoga.com -- Apa yang membuatmu kangen tanah kelahiran. Salah satunya pasti makanan khasnya kan? Apalagi saat momen-momen spesial seperti hari raya.

Salah satu jajanan tradisional yang membuat kangen adalah kue Jipang. Yups, kue manis berbalut karamel ini menjadi sajian khusus saat momen spesial.

Kue Jipang termasuk jajanan ndeso dan jadul yang bikin kangen. Makanan khas ini banyak terdapat diberbagai daerah di Jawa Tengah dengan beragam nama dan bentuk.

Baca juga: Manise Manisan Gandul

Kue salah satu jajanan khas wilayah Moga. Sentra industrinya ada di Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah,

Kue ini biasanya banyak disajikan saat momen tertentu, seperti hari raya atau saat ada pesta hajatan dan momen spesial lainnya. Pada hari-hari biasa juga ada yang tetapi tak sebanyak pada hari lebaran atau musim hajatan.

Rasanya yang manis, legit dan lengket karena bahan dasar ketan atau beras ketan dicampur gula pasir. Jajanan tradisonal ini juga banyak macamnya. Ada yang terbuat dari berondong jagung maupun yang terbuat dari beras dan kacang tanah.


Jipang ketan teksturnya renyah dan dijual dalam bongkahan bentuk kotak dan disajikan dalam bentuk kotak-kotak persegi panjang kecil.

Untuk membuatnya, beras ketan yang sudah dipanaskan hingga merekah dimasak bersama karamel gula pasir yang diberi perasan jeruk beraroma segar hingga tercampur rata.

Bukan hanya berbalut gula karamel, kini jipang juga diberi tambahan warna dan rasa seperti strawberry dan vanilla agar lebih menarik. Jipang banyak dijual di pasar-pasar tradisional dengan harga relatif murah.

Baca juga: Noga Jahe, Pedes Manis Laka Tunggale

Selanjutnya adonan jipang dibiarkan mengeras lalu dipotong bentuk persegi panjang. Teksturnya yang padat dan empuk dengan rasa manis gurih ketan membuat jipang banyak digemari.

Kabarnya jipang sudah dibuat sejak zaman dahulu kala. Bedanya, dulu jipang dibungkus menggunakan daun kering, kini jipang memakai plastik sebagai kemasan yang lebih praktis.

Kue Jipang paling enak dinikmati dengan secangkir teh hangat kala sore hari.

Yuk, beli jipangnya, mumpung durung bada lurr!

Post a Comment for "Kue Jipang Mandiraja, Kue Manis yang Melegenda"