Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manise Manisan Pepaya Khas Moga


Infomoga.com -- Wilayah kecamatan Moga selain dikaruniai panorama alam yang indah juga memiliki aneka makanan khas yang bisa dijadikan buah tangan/ oleh-oleh bagi anda yang penggemar wisata kuliner.

Ada banyak pilihan makanan, baik makanan kecil/ camilan, buah-buahan yang layak untuk dibeli bila berkunjung di daerah ini, salah satunya adalah manisan gandul atau pepaya.

Manisan Pepaya atau Gandul dalam bahasa Moga merupakan salah satu dari beragam produk jajanan khas yang sudah sangat terkenal di Moga dan sekitarnya. 


Yang berbeda dengan manisan pepaya yang satu ini tidak dikemas dengan kaleng, melainkan di jual perkilogram. Bentuknya seperti potongan panjang sebesar kelingking bayi, berbeda dengan bentuk manisan lainnya. 

Rasanya bervariasi antara manis dan asam. Manisan pepaya ini juga merupakan bahan setengah kering dengan kadar air sekitar 30%, dan kadar gula kirang lebih 60%. Kondisi ini memungkinkan manisan dapat disimpan lama

Selain dijual di wilayah Moga, jajanan manis sudah merambah ke berbagai daerah Tegal, Slawi, Purbalingga dan banyak daerah lainnya.

Baca juga: Noga Jahe, Pedes Manis Laka Tunggale

Jajanan khas ini biasanya dijajakan di lokasi-lokasi pariwisata yang banyak berada di sepanjang lembah Gunung Slamet. Seperti, Taman Air Panas Guci di kabupaten Tegal, Wisata Alam Baturaden di Banyumas, Water Park Owabong di Purbalingga, Goa Lawa  dan banyak tempat lainnya.

Seiring berjalannya waktu dan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kini manisan pepaya ini mulai dijual di lapak-lapak online.

Post a Comment for "Manise Manisan Pepaya Khas Moga"