Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba Menjelang

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba Menjelang

Infomoga.com -- Memasuki peralihan antara musim kemarau dan musim hujan atau biasa disebut pancaroba kita perlu lebih waspada. Akibat peralihan musim ini, biasanya akan mempengaruhi aktivitas manusia. Cuaca yang sering tak menentu berefek pada kesehatan.

Oleh karena itu, harus pintar-pintar menjaga kesehatan saat masuk pancaroba. Apalagi saat musim hujan tubuh rentan terserang virus, dan bahayanya, sekarang rawan penularan virus Corona. 

Bulan September sebagai awal mula musim hujan di Indonesia, menjadi bagian dari peralihan musim atau pancaroba. Musim pancaroba biasanya ditandai oleh hujan deras, disertai angin kencang dan petir.

Umumnya, gangguan kesehatan yang sering terjadi pada saat pancaroba adalah influenza. Seseorang dapat menderita flu atau pilek hingga masuk angin. Kalau kondisi kesehatan terganggu, pasti akan berdampak pada aktivitas rutin, bukan?


Berikut ini ada beberapa tips agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama musim hujan atau musim pancaroba. Berikut ulasannya:

1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C, baik dalam sumber alami atau suplemen dapat membantu mempercepat pemulihan dari serangan virus flu. Asupan sehat mengandung vitamin C dapat membantu memperkuat antibodi dan mengurangi flu. 

Cobalah untuk memasukkan paprika, pepaya dan nanas ke dalam makanan, karena mereka sumber vitamin C yang baik.

2. Minum Air

Saat musim hujan, mungkin anda tidak merasakan terlalu haus karena cuaca dingin. Namun, jangan menunggu sampai merasa haus baru minum, karena mungkin saja anda telah mengalami dehidrasi saat itu.

Tetap terhidrasi dalam suhu yang menurun akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Karena, anda akan lebih sering merasa ingin buang air kecil ketika cuaca dingin.

3. Perhatikan Pola Makan

Perhatikan pola makan dan hindari makanan yang dijual di pinggir jalan selama musim hujan. Kebersihan makanan sangat penting diperhatikan, karena bukan tidak mungkin virus atau bakteri menyebar dari makanan.

Karena itu, akan lebih baik untuk memasak makanan sendiri di rumah. Pertahankan dapur yang bersih untuk kebersihan makanan agar keluarga tetap sehat sepanjang musim hujan.

4. Hangatkan Tubuh dengan Makanan dan Minuman 

Hangatkan tubuh dengan mengonsumsi minuman atau makanan hangat. Teh hijau dan coklat panas adalah pilihan yang baik. 

Selain itu, semangkuk sup panas juga bukan ide yang buruk untuk menghangatkan tubuh. Cara ini dapat mencegah anda masuk angin atau infeksi lain yang terjadi karena perubahan suhu tubuh.

5. Sediakan Payung atau Jas Hujan

Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa orang lebih sering terkena pilek saat terkena hujan? 

Para peneliti menemukan bahwa saat tubuh kedinginan, terutama bagian kaki, akan rentan terserang gejala flu.

Cara agar dapat menjaga kehangatan tubuh adalah membatasi aliran darah ke kaki. Gunakanlah payung atau jas hujan jika terjebak dalam hujan.

6. Mandi Setelah Terkena Hujan

Mengapa jika kehujanan kita harus mandi? Mandi dengan air panas atau hangat, merupakan tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari kuman yang menyebabkan terjadinya infeksi di musim hujan.

7. Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Pada musim hujan, orang lebih cenderung tinggal di dalam rumah dan menutup jendela agar tetap hangat. Meskipun terlihat bagus dan nyaman, penting untuk dicatat bahwa kuman lebih cenderung menyebar, sehingga kebersihan adalah kuncinya.

Agar anda tidak mudah masuk angin dan tetap bersih jagalah kebersihan lingkungan dengan cara mencuci tangan secara teratur.

1 comment for "7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Pancaroba Menjelang"

  1. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    kunjungi juga website kami di walisongo.ac.id

    ReplyDelete