Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mantap! Ternyata Obat Covid-19 Ini Sudah Dibuat di Indonesia

Mantap! Ternyata Obat Covid-19 Ini Sudah Dibuat di Indonesia

Infomoga.com -- Kebutuhan obat untuk penanganan pasien yang terpapar Covid-19 yang masih tinggi. Indonesia berusaha untuk memenuh kebutuhan tersebut dengan memproduksi sendiri melalui BUMN Farmasi nasional, yakni PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk.

PT Kimia Farma sudah memproduksi obat penanganan Covid-19 Favipiravir atau avigan. Melalui anak usahanya, yakni PT Phapros Tbk juga telah berhasil memproduksi beberapa obat untuk penanganan Covid-19 antara lain Chloroquine, Hydroxychloroquine, Azithromycin, Favipiravir, Dexamethasone dan Methylprednisolon.

Selain itu, seperti dikutip dari CNBC Indonesia (5/10), Kimia Farma juga memproduksi beberapa multivitamin penambah daya tahan tubuh seperti Vitamin C (tablet dan injeksi), Becefort, Fituno dan Geriavita sebagai tambahan produk untuk menjaga daya tahan tubuh.


Direktur Utama Kimia Farma, Verdi Budidarmo mengatakan BUMN yang dipimpinnya telah memproduksi sendiri obat yang digunakan untuk terapi pasien Covid-19.

"Untuk jenis obat Favipiravir yang dapat dipergunakan untuk terapi Covid-19, sudah dapat diproduksi sendiri oleh Kimia Farma, dan merupakan produk pertama di Indonesia yang dikembangkan sendiri oleh BUMN," Ungkap Verdi Budidarmo dalam keterangan pers, Senin (5/10/2020).

Adapun PT Indofarma siap memasarkan obat anti-corona Remdesivir dengan nama dagang DesremTM. Obat ini diproduksi Mylan Laboratories Limited, atas lisensi dari Gilead Sciences Inc, Foster City dan United States of America.

Tidak hanya itu, Indofarma juga memproduksi sendiri antiviral unggulan Oseltamivir 75 gr yang digunakan untuk penanganan pasien Covid-19.


"Produk yang akan kami pasarkan dalam waktu dekat adalah DesremTM Remdesivir Inj 100mg, yang telah mendapatkan persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) di Indonesia dan telah disetujui oleh BPOM melalui penerbitan Nomor Izin Edar yang sudah diterbitkan pada tanggal 30 September 2020," ujar Arief Pramuhanto, Direktur Utama Indofarma.

Rencananya obat Desrem TM akan mulai dilepas ke pasaran mulai pekan depan. Obat ini digunakan untuk penggunaan pada pasien rawat inap Covid-19 dalam kondisi sedang-berat.

Kemudian untuk ketersediaan stock untuk bulan ini, sudah ada sebanyak +/- 400.000 vial dengan harga yang tentunya terjangkau oleh masyarakat.

Post a Comment for "Mantap! Ternyata Obat Covid-19 Ini Sudah Dibuat di Indonesia"