Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inspiratif! Warga Desa Ini Gotong Royong Penuhi Kebutuhan Tetangganya yang Jalani Isolasi Mandiri

Inspiratif! Warga Desa Ini Gotong Royong Penuhi Kebutuhan Tetangganya yang Jalani Isolasi Mandiri

Infomoga.com
-- Tak ada orang yang mau tertimpa kemalangan. Apalagi seperti saat ini, dimana pandemi Covid-19 membuat semua orang merasa takut. Tapi, tidak dengan warga di Desa Wanarejan Utara Kecamatan Taman. Saat ada warga terpapar Covid-19, para tetangga justru guyup membantu meringankan beban.

Implementasi program Jogo Tonggo yang dianjurkan pemerintah provinsi (pemprov) Jawa Tengah (jateng) agaknya dipahami betul oleh warga Desa Wanarejan Utara ini. 

Dilansir radartegal.com (4/11/2020), satu keluarga yang berjumlah empat orang di Dusun Kemanggungan RT 04 RW 01 Desa Wanarejan Utara positif terkonfirmasi Covid-19. 


Namun, hanya sang ayah, TR (55), yang dirawat di rumah sakit, sementara istri dan kedua anaknya menjalani karantina mandiri di rumahnya sejak, Sabtu (31/10) lalu.

Selama ketiganya menjalani masa isolasi mandiri, Pemerintah Desa Wanarejan Utara bersama para tetangga, saling bahu membahu membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka supaya tercukupi. Bahkan untuk sekedar mengganti tabung gas elpiji, warga siap membantu.

Kepedulian warga bersama pemerintah desa sudah terbentuk manakala ada warga lainnya yang menjalani isolasi mandiri. Pemerintah desa juga menyiapkan paket sembako senilai Rp 50ribu setiap harinya.

"Warga di sini sangat guyub. Kalau ada pasien Corona, tanpa dikomando langsung diberi dukungan untuk segera sembuh. Tidak malah dikucilkan," jelas Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Wanarejan Utara, Umar Gandi.

Pendampingan kepada warga yang sedang menjalani isolasi dilakukan melalui aplikasi perpesanan. 

"Komunikasi dengan para pasien yang sedang melakukan isolasi kami lakukan lewat WA. Kami dampingi mereka untuk memenuhi semua kebutuhannya, sehingga mereka hanya fokus untuk menyembuhkan Covid-19," tambah Umar Gandi.

Sementara itu, Kepala Desa Wanarejan Utara Mahmud mengapresiasi kepedulian warganya saat ada warga lain yang terpapar Covid-19. Meski begitu tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) ketika memberi dukungan dan bantuan.


"Pemerintah Desa tak bosan-bosan mengingatkan warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Jika ada pendatang, diarahkan untuk langsung melaporkan diri, sehingga bisa kita pantau," ujar Mahmud.

Sedangkan terkait perlakuan terhadap warganya yang terpapar, Pemerintah Desa sudah menyosialisasikan Program Jogo Tonggo. 

Sehingga baik pasien maupun warga, sudah saling mengetahui apa yang harus dilakukannya apabila sewaktu-waktu ditemukan kasus baru di lingkungannya.

Menarik ya lurrr, patut ditiru dan diapresiasi kepedulian warga Desa Wanarejan Utara ini. 

Sumber: Radar Tegal

Post a Comment for "Inspiratif! Warga Desa Ini Gotong Royong Penuhi Kebutuhan Tetangganya yang Jalani Isolasi Mandiri"