Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Si Monic, Gelang Pengawas Pasien Covid-19 Buatan LIPI

Si Monic, Gelang Pengawas Pasien Covid-19 Buatan LIPI

Infomoga.com
-- Penambahan konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia masih belum menunjukkan penurunan signifikan. Angkanya terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Merujuk data per 23 November 2020 dari https://covid19.go.id, jumlah pasien terkonfirmasi suspek Covid-19 sudah mencapai lebih dari 502 ribu pasien yang tersebar di 34 provinsi dan 505 kota/kabupaten. 

Penambahan ini tak lepas dari masih adanya penularan Covid-19 di masyarakat. Terlebih, adanya beberapa kasus kaburnya pasien positif yang berada di bawah pengawasan, turut menimbulkan kekhawatiran semakin melonjaknya Covid-19 di tanah air. 


Berkaca dari kasus tersebut, Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPET LIPI) meluncurkan alat monitoring berbasis wearable device bernama Si-Monic (Smart Innovated Monitoring for Covid-19) sebagai bentuk kontribusi dalam penanganan pandemic Covid-19.
 
Kepala PPET LIPI Budi Prawara menjelaskan, Si-Monic adalah sistem pengawasan individu bagi orang yang terkonfirmasi/suspek/kontak erat Covid-19, berbasis wearable device pertama di Indonesia.

Si-Monic memiliki fungsi yang sangat penting dalam aspek pengawasan suspek Covid19. 

Teknologi yang dibenamkan pada wearable device Si-Monic berupa Chip Bluetooth Low Energy (BLE) yang memiliki ID khusus dan terkoneksi dengan internet. 

Pengawasan dilakukan via smartphone melalui aplikasi Si-Monic yang tersedia dan dapat diunduh di Play Store, sehingga pemakainya akan selalu bisa dipantau melalui server terpusat. 

Informasi pergerakan dan status pengguna Si-Monic akan selalu diperbaharui termasuk apabila pemakai Si-Monic berusaha melepas paksa atau menonaktifkan perangkat dengan cara apapun. Pengawas bersangkutan akan langsung mengetahui hal tersebut.

Si-Monic LIPI telah lolos uji secara laboratorium dan secara fungsional. Kerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat (BP2D) pun merupakan salah satu Langkah strategis LIPI untuk mempercepat upaya difusi produk-produk riset LIPI di Jawa Barat. 

Budi Prawara mengatakan bahwa PPET LIPI sudah menyiapkan 20 unit wearable device Si-Monic yang siap digunakan oleh pasien positif Covid-19 di Jawa Barat. 


“Tentunya dengan produk riset yang sudah kami buat ini harapannya bisa ujicoba di Jabar ini bisa ikut memberikan kontribusi bagi penurunan reproduction rate dari Covid-19,” imbuhnya.

Sebagai upaya mendiseminasikan produk riset Covid-19 dan menurunkan reproduction rate Covid-19, PPET LIPI telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan BP2D beberapa waktu lalu.
 
Penandatanganan ini turut diikuti para pejabat di lingkungan PPET LIPI  serta BP2D Provinsi Jawa Barat, termasuk tim riset Si-Monic yang dipimpin oleh peneliti PPET LIPI, Galih Nugraha Nurkahfi.

Post a Comment for "Si Monic, Gelang Pengawas Pasien Covid-19 Buatan LIPI"