Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng Hingga 22 Februari

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng Hingga 22 Februari

Infomoga.com
-- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG,) Ahmad Yani Semarang merilis peringatan dini Adanya potensi Cuaca ekstrem disebagian besar wilayah Jawa Tengah (Jateng) dalam tiga hari kedepan.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan, analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya pola siklonal berupa tekanan rendah di Selatan Indonesia yang membentuk pertemuan dan perlambatan arah angin (konvergensi) serta daerah belokan angin (shear) di wilayah Jateng dan sekitarnya.

"Kondisi tersebut didukung dengan suhu muka laut yang yang cukup hangat, massa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa Wilayah di Jawa Tengah," ujarnya melalui akun @bmkgjateng, Jumat (20/2/2021).

Berdasarkan kondisi tersebut BMKG memprakirakan cuaca ekstrem dan curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah pada kurun waktu tiga hari kedepan.

Berapa wilayah tersebut, diantaranya:

Tanggal 20 Februari 2021

Brebes, Kota/Kab. Tegal, Kota/Kab. Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Kota/Kab. Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Purwodadi, Wonosobo, Temanggung, Salatiga, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Kota/Kab. Magelang, Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, dan sekitarnya.

Tanggal 21 Februari 2021

Brebes, Kota/Kab. Tegal, Kota/Kab. Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Kota/Kab. Semarang, Wonosobo, Temanggung, Salatiga, Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Kota/Kab. Magelang, dan sekitarnya.

Tanggal 22 Februari 2021

Brebes, Kota/Kab. Tegal, Kota/Kab. Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Kota/Kab. Semarang, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Salatiga, Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Kota/Kab. Magelang, dan sekitarnya.

Baca juga: Manise Manisan Pepaya Khas Moga

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," katanya.

Untuk mendapatkan informasi kondisi dan peringatan cuaca terkini bisa diakses melalui www.bmkg.go.id atau www.cuacajateng.com.

Post a Comment for "BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Wilayah Jateng Hingga 22 Februari"