Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Jateng Beranjak Naik

Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Jateng Beranjak Naik

Infomoga.com
-- Sepekan menjelang datangnya bulan Ramadan, harga bahan kebutuhan pokok di beberapa kota di Jawa Tengah (Jateng) merangkak naik.

Berdasarkan pantauan Infomoga.com laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) per 7 April 2021, harga telur ayam ras segar mengalami peningkatan dibanding akhir Maret lalu. Pada 31 Maret 2021, harganya berada di Rp 21.200 per kilogram, hari ini berada di kisaran Rp 25.050 per kilogram.

Daging sapi berada di rentang harga Rp 113.900 - Rp 123. 950 per kilogramnya. 
 
Sementara itu, harga Cabai Rawit merah yang sempat melonjak beberapa waktu lalu hingga mencapai ratusan ribu per kilogramnya, hari ini berada dikisaran Rp 85.000 per kilogram.


Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah memastikan harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) masih terkendali. 

“Kalau dibilang siap, kita siap, karena untuk bahan pokok stok masih tersedia cukup banyak,” jelas Muhammad Arif Sambodo, Kepala Disperindag Provinsi Jawa Tengah, seperti dikutip dari semarang.bisnis.com, Rabu (7/4/2021).

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data inflasi Provinsi Jawa Tengah bulan Maret sebesar 0,08% (mtm) atau mengalami penurunan dari sebelumnya sebesar 0,17% (mtm). Penyebab utama inflasi di Maret 2021 diantaranya harga bawang merah, cabai rawit, dan minyak goreng. 

Dilansir ayosemarang.com, (7/4/2021), Kepala Perwakilan BI Jateng, Pribadi Santoso dalam pernyataan tertulis memaparkan, dari data dalam kelompok pengeluaran, penurunan inflasi Jawa Tengah pada Maret 2021 disebabkan meredanya tekanan harga Kelompok Transportasi, Makanan dan Minuman dan Tembakau.

“Tekanan inflasi pada kelompok Penyediaan Makanan & Minuman/Restoran relatif berdampak terbatas pada inflasi Jawa Tengah,” ujarnya pada Selasa (6/4/2021).


Pribadi juga menambahkan jika Pemerintah  dengan seluruh pemangku kepentingan Tim Pengendali Inflasi (TPID) Jawa Tengah, terus menjaga kestabilan harga komoditas pangan, terutama beras.

Berikut harga beberapa komoditas kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Jawa Tengah per 7 April 2021 pukul 18.00 WIB :

Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Jateng Beranjak Naik
© 2021 PIHPS Nasional

Post a Comment for "Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Jateng Beranjak Naik"