Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Daftar 5 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di 2022, Bahkan Hingga Lima Tahun Mendatang

Lowongan Kerja 2022, Loker 2022, Tenaga Kesehatan, Ahli Statistik, IT, Aktuaria, Logistik

Infomoga.com
-- Pasar tenaga kerja yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19 yang melanda sejak akhir 2019 silam. Banyak perusahaan-perusahaan merugi dan bertumbangan, tak pelak jutaan pekerja terpaksa dirumahkan dan menjadi pengangguran.

Disisi lain, pandemi telah membawa banyak perubahan, terutama diberbagai bidang pekerjaan. Ada sejumlah industri yang harus merugi karena imbas pandemi, tapi ada juga industri yang justru mengalami peningkatan pesat.

Banyak jenis pekerjaan yang mulai ditinggalkan saat pandemi berlangsung, namun di sisi lain ada profesi-profesi yang justru sangat dibutuhkan di masa pandemi dan pasca-pandemi.

Baca juga: Moga 72 Tahun yang Lalu...

Kini, 2022 diharapkan menjadi momentum kebangkitan yang berdampak pada terbukanya lapangan kerja. Dan ini menjadi peluang bagi kamu yang mempunyai kemampuan mumpuni dan dibutuhkan industri saat ini, bahkan di masa yang akan datang.

Berikut daftar 5 pekerjaan yang paling dibutuhkan di 2022 seperti dirangkum dari berbagai sumber termasuk Forbes:

1. Bidang Kesehatan

Posisi pertama bidang pekerjaan yang masih terus dibutuhkan di tahun 2022, bahkan di masa depan adalah bidang kesehatan. 

Kondisi pandemi yang belum berakhir hingga banyaknya tenaga kesehatan yang sakit dan meninggal karena Covid-19 menjadikan kebutuhan akan tenaga medis terus meningkat.

Melansir dari Forbes, dibutuhkan setidaknya lebih dari 500.000 perawat yang terakreditasi hingga tahun 2027.

2. Bidang Teknologi dan Informasi 

Bidang teknologi dan informasi memang tidak pernah absen dalam daftar pekerjaan paling banyak dicari di masa depan. 

Setelah pandemi, fenomena meningkatnya jumlah pekerja remote (jarak jauh) dan perkembangan smartphone juga semakin mendorong kebutuhan para tenaga ahli bidang teknologi dan informasi, misalnya software dan app developers.

Baca juga: 110 Tahun GKJ Moga, Saksi Sejarah Keharmonisan Beragama

Biro Statistik Tenaga Kerja The Occupational Outlook Handbook (OOH) memprediksikan, bidang software development akan mengalami perkembangan sebesar 22 persen di masa mendatang.

3. Bidang Manajemen Keuangan

Forbes mengungkapkan kebutuhan pekerja di bidang manajemen keuangan akan meningkat sebesar 15 persen selama 10 tahun ke depan.

Bidang pekerjaan ini bertugas untuk memeriksa pengeluaran dan pendapatan perusahaan sekaligus mencari cara untuk memaksimalkan keuntungan.

4. Bidang Aktuaria dan Ahli Statistik

Menurut Forbes, profesi aktuaris, akan mengalami peningkatan kebutuhan hingga sebesar 20 persen pada 10 tahun ke depan. Profesi aktuaris biasanya banyak dibutuhkan di perusahaan asuransi. 

Mereka dituntut untuk memutuskan pengasuransian pelanggan yang potensial atau tidak, hingga mengevaluasi risiko dari keputusan.

Selanjutnya profesi data scientist juga ternyata diperkirakan akan mengalami pertumbuhan permintaan sebesar 30 persen pada 2030. 

Biasanya para ahli statistik dan data diminta untuk menganalisis data dan memproyeksikan penjualan, laba, dan hambatan pertumbuhan di masa depan.

5. Bidang Supply Chain Management atau SCM

Pekerjaan selanjutnya yang akan mengalami perkembangan pesat di tahun 2022 adalah SCM atau manajemen penyediaan. 

Baca juga: Bireng, Kue Jadul yang Tak Kalah Mentereng

Dampak panic buying (pembelian berlebihan di situasi darurat) semenjak pandemi muncul, melahirkan metode pengiriman barang agar tepat waktu.

Sejumlah pekerjaan yang masuk dalam bidang ini antara lain, Agen Pembelian, Analis Logistik, dan Manajer Distribusi.

Jika Anda ahli dalam matematika, statistik, prinsip-prinsip teknik dan membuat sistem kerja efisien, pekerjaan ini bisa menjadi bidang yang tepat.

Post a Comment for "Daftar 5 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di 2022, Bahkan Hingga Lima Tahun Mendatang"