Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bahaya Mengonsumsi Nitrogen Cair, Bahan Baku Es Kebul yang Mengakibatkan Bocah Terbakar di Ponorogo

es kebul, ice cream smoke, es berasap, nitrogen cair, liquid nitrogen, bocah terbakar makan es kebul

Infomoga.com --
Seorang bocah berusia 5 tahun di Ponorogo, Jawa Timur, terbakar saat meminum es kebul atau Ice Smoke. Berikut bahaya mengonsumsi makanan mengandung nitrogen cair.

Es krim yang berasap kini banyak sekali dijajakan di mal dan pasar malam. Pada awal kemunculan di Indonesia, harganya cukup mahal sekitar Rp40-50 ribu rupiah dan hanya kedai tertentu saja yang menjualnya.

Kini, es tersebut mulai banyak yang menjual ala kaki lima. Sayangnya, keamanan saat menjual es tak diperhatikan sampai menyebabkan insiden terbakarnya seorang anak, seperti yang terjadi di Ponorogo, Jawa Timur.

Korban bernama Ahsan Farid Trisnanto, warga Desa Bajang, Kecamatan Bungkal, Ponorogo. Seperti dilansir dari akun Instagram @andreli_48, Rabu (13/7/2022), Ahsan harus dirawat di rumah sakit akibat luka bakar yang dideritanya.

Bahaya Nitrogen Cair

Dengan bentuk makanan yang berwarna-warni, es krim asap ini mampu menarik perhatian anak-anak dan remaja, bahkan orang dewasa untuk mencobanya.

Meski tampilannya terlihat menarik, makanan yang mengandung nitrogen cari ini ternyata dianggap berbahaya oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat (AS).

Hal itu diingatkan oleh akun Instagram 'Now This Food' yang mengunggah berbagai informasi mengenai kuliner termasuk yang berkaitan dengan kesehatan, di unggahan mereka pada 29 Desember 2018.

Pada unggahan tersebut dituliskan kalau FDA pada September 2018 mengeluarkan peringatan keamanan konsumen tentang bahaya potensial mengkonsumsi makanan yang disajikan dengan nitrogen cair.

Kerusakan kulit serta organ dalam bisa saja terjadi apabila nitrogen cair masih tersisa atau tidak terevaporasi dengan baik pada makanan atau minuman.

Menghirup terlalu banyak uap yang dihasilkan oleh makanan atau minuman yang diproses menggunakan nitrogen cair juga disebut-sebut dapat memicu kesulitan bernapas yang cukup parah. Hal ini semakin berbahaya jika dialami oleh penderita asma.

Dilansir dari laman Today Food, Dr. Reed Caldwell, asisten profesor di Ronald O. Perelman Department of Emergency Medicine di NYU Langone Health, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa bisa terjadi kerusakan yang signifikan dan cepat pada kulit dan tubuh, apalagi jika tertelan.

“ Ini karena nitrogen cair biasa digunakan dermatolog untuk membakar hal-hal yang tak diinginkan pada kulit, yang artinya ini bisa merusak jaringan,” kata Dr. Reed.

Ada satu kasus di AS, dimana seorang ibu melayangkan komplain setelah cucunya yang berusia 14 tahun terluka tangannya (sensasi terbakar) saat menyentuh dessert yang dibuat dengan nitrogen cair.

Dokter yang menanganinya harus membuka luka tersebut, memotong kulit yang mati akibat paparan tersebut, dan menghilangkan infeksi agar pasien tersebut tidak kehilangan jarinya.

Sumber: Liputan6

Post a Comment for "Bahaya Mengonsumsi Nitrogen Cair, Bahan Baku Es Kebul yang Mengakibatkan Bocah Terbakar di Ponorogo"

Oppo Indonesia