Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

KM Cahaya Arafah Tenggelam di Perairan Halmahera Selatan, 13 Penumpang Dikabarkan Hilang

kecelakaan kapal, kapal tenggelam, KM Cahaya Arafah

Infomoga.com --
Kapal Motor (KM) Cahaya Arafah tenggelam di Perairan Tokaka Pulau Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut). Sebanyak 13 penumpang hilang dalam insiden itu.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, melakukan pencarian dengan menerjunkan tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI/Polri.

Pencarian dimulai pukul 07.30 WIT dan Tim SAR gabungan membagi SRU dan melakukan pencarian di area masing-masing yang telah dibuat dan direncanakan.

SRU 1 melakukan pencarian seluas 8.7 Nm dari LKP dengan menggunakan Sea Rider KN Pandudewanata, SRU 2 melakukan pencarian seluas 11.6 Nm dari LK dengan menggunakan rubber boat Unit Siaga SAR Bacan, SRU 3 melakukan pencarian seluas 9.7 Nm dari LK dengan menggunakan speed boat BPBD Halsel dan SRU 4 melakukan pencarian seluas 15 Nm di pesisir perairan desa Tokaka dengan menggunakan longboat masyarakat.

"Hari kedua ini, tim gabungan masih fokus melakukan pencarian korban yang hilang tenggelam di Perairan Pulau Tokaka, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel)," kata Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman di Ternate, Selasa.

Sesuai laporan manifest awal terdapat total POB 76 orang yang berada di atas kapal KM Cahaya Arafah.

Namun setelah didata kembali terdapat 77 orang dan 64 telah ditemukan dalam keadaan selamat, serta tersisa 13 orang yang masih dalam pencarian.

KM Cahaya Arafah sebelumnya dilaporkan tenggelam di Perairan Pulau Tokaka, Halmahera Selatan saat berlayar dari Ternate menuju Gane Barat pada Senin (18/7) 2022.

Dalam pencarian itu, sejumlah unsur terlibat di antaranya Basarnas Ternate, Polairud Polda Malut, BPBD Provinsi Malut, BPBD Halsel, Pos AL Bacan, Polsek Tokaka dan masyarakat setempat.

Sementara itu, Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Ternate, menyatakan, kapal KM Cahaya Arafah rute Ternate-Halmahera Selatan dengan membawa 66 orang penumpang tenggelam di Perairan Tokaka, Gane Barat.

sumber: Suara.com

Post a Comment for "KM Cahaya Arafah Tenggelam di Perairan Halmahera Selatan, 13 Penumpang Dikabarkan Hilang"