Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kunjungi Telaga Silating dan Curug Bengkawah, Ganjar Tinjau Pengembangan Desa Wisata di Pemalang

Ganjar Pranowo, Desa Sikasur, Belik, Curug bengkawah, Telaga silating, desa wisata, pemalang

Infomoga.com --
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meninjau pengembangan desa wisata di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, sekaligus memastikan penggunaan bantuan keuangan yang diberikan Pemprov Jateng tepat penggunaanya.

Diketahui Pemprov Jateng telah memberikan bantuan keuangan (bankeu) Rp1 miliar untuk membangun sejumlah sarana dan prasarana, hingga perbaikan jalan akses menuju tempat wisata di Desa Sikasur.

"Bantuan keuangan yang kita berikan kepada desa-desa yang kemudian dikembangkan untuk desa wisata ternyata hasilnya bagus sehingga potensi desanya bisa dikembangkan," ujar Ganjar, dalam keterangan tertulis, Selasa, 2 Agustus 2022.

Ganjar meminta sejumlah tempat wisata menjadi prioritas pengembangan desa wisata di Kecamatan Belik, yakni Telaga Silating dan Curug Bengkawah. Keduanya digadang-gadang  menjadi destinasi wisata unggulan. 

"Tadi ada air terjun curug Bengkawah. Itu bagus secara geologi bagus batunya sangat khas, satu bisa buat riset, dua untuk arung jeram. Sehingga orang bisa fun betul melalui susuran sungai," ucap Ganjar. 

Ganjar mendorong Pemkab Pemalang bersama-sama masyarakat mengelola dan menata kembali potensi wisata. Sehingga bisa menjadi desa wisata yang matang.

Ganjar juga meminta desa-desa di seluruh Kecamatan Belik untuk saling berjejaring. Sebab, potensi wisata di Kecamatan Belik sangat banyak dan berpotensi untuk dikembangkan. 

"Itu butuh arsitek, butuh ditata, butuh aliran sekat yang bisa mengatur. Maka saya sampaikan cari partner sampe penataan antar desa yang bisa membangun jejaring," kata Ganjar. 

Sehingga, kata dia, butuh bantuan swasta untuk bisa mengembangkan desa wisata di Kecamatan Belik. Dengan begitu, bantuan yang diberikan Pemprov Jateng bisa menumbuhkan dan mengembangkan kawasan itu. 

Selain di Kecamatan Belik, sejumlah desa wisata lainnya di Kabupaten Pemalang juga sedang dalam pengembangan, seperti desa wisata di Desa Kaliprau, Desa Mojo, dan Desa Cikendung. 

Kemudian Desa Penggarit, Desa Surajaya, Desa Simadu, Desa Banyumudal, Desa Sima, Desa Wisnu, Desa Clekatakan, Desa Nyamplungsari, Desa Siremeng dan Desa Jurangmangu.

sumber: Humas Jateng

Post a Comment for "Kunjungi Telaga Silating dan Curug Bengkawah, Ganjar Tinjau Pengembangan Desa Wisata di Pemalang"