Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Manfaat Isi Bensin Full Tank yang Jarang Diketahui oleh Pengendara

tips mengisi bensin, full tank,

Infomoga.com --
Awet atau tidaknya kendaraan itu erat kaitannya dengan perawatan dan kebiasaan penggunanya. Salah satunya soal pengisian bahan bakar. 

Banyak disarankan tank bensin harus diisi penuh kalau mau mesin mobil atau sepeda motor lebih awet. Tak hanya itu, isi bensin full tank ternyata punya manfaat pada performa mesin dalam jangka panjang.

Saat tangki bahan bakar sudah tinggal setengah, sebaiknya sesegera mungkin diisi, tanpa harus menunggu sampai ada di garis merah. 

Terutama pada kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar. Selain itu, bensin full tank juga diwajibkan pada mobil yang akan ditinggal selama beberapa hari. Sebenarnya kenapa bensin full tank itu penting?

1. Mencegah Tangki Berembun

Alasan utama kita harus mengisi tangki bahan bakar hingga penuh adalah agar tidak timbul embun di tangki. Karena kalau tangki dibiarkan kosong dalam waktu tertentu, pasti akan diisi dengan udara. 

Inilah yang kemudian berubah menjadi embun. Embun kemudian akan berubah menjadi air. Air dari embun inilah yang bisa membahayakan bahan bakar dan mesin mobil.

Embun yang menjadi air di tangki tentu perlahan akan menetes di tangki. Air akan bercampur dengan bahan bakar. Akibatnya kualitas bahan bakar yang bercampur dengan air tentu jadi berkurang kualitasnya. Jalannya kendaraan bisa jadi tersendat.

2. Mencegah Timbulnya Karat pada Tangki

Selain itu, air di tangki bahan bakar bisa menimbulkan karat. Apalagi kalau Anda menggunakan mobil tua. Karat sangat rentan terbentuk. Kalau karat sampai tercampur dengan bahan bakar, maka ini bisa menyumbat karburator. Serpihannya juga bisa menyumbat sistem injeksi mobil.

Kalau serpihan karat sudah menyumbat, maka aliran bahan bakar tentu jadi tidak lancar ke mesin pembakaran. Kalau sudah begini, hasilnya sama, mesin bisa tersendat-sendat dan bahkan tidak mau hidup sama sekali.

3. Mencegah Penurunan Performa

Mesin mobil yang tersendat-sendat biasanya terjadi pada kendaraan yang berbahan bakar solar. Karena itu, untuk kendaraan yang menggunakan mesin diesel sangat disarankan untuk mengisi bahan bakar bila tangki sudah kosong setengahnya. Karena kalau dibiarkan, kendaraan yang berbahan bakar solar bisa-bisa malah tak mau menyala mesinnya.

Tangki yang dibiarkan kosong akan menimbulkan karat. Karat ini lama kelamaan akan mengelupas atau bercampur dengan bensin ketika diisi penuh. 

Bensin yang sudah bercampur pasti akan mengganggu performa. Bisa saja mesin jadi tersendat-sendat dan menimbulkan suara berisik.

4. Isi Bahan Bakar sesuai Anjuran

Isi bensin full tank memang penting. Tetapi yang tidak kalah penting adalah mengisi bahan bakar kendaraan sesuai dengan anjuran. Jangan sampai kekurangan, tapi jangan sampai kelebihan juga. 

Mengisi bahan bakar terlalu banyak hingga luber bisa berbahaya. Kalau sampai terlalu banyak, sistem keamanan SPBU secara otomatis akan menyedot kembali bahan bakar yang berlebih.

5. Isi Bahan Bakar sesuai jenis mesin

Tak hanya mengisi bensin mobil full tank saja yang dianjurkan, tetapi sangat penting pula untuk memilih jenis BBM yang sesuai dengan mesin yang digunakan. Tiap kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin yang berbeda, punya kompresi mesin yang juga tidak sama. 

Kompresi mesin yang tidak sama juga membutuhkan bahan bakar yang sesuai dan tidak bisa sembarangan. Kenapa? Karena akan berpengaruh pada keawetan dan juga performa mesin. 

Pemakaian bahan bakar yang tepat bisa memperpanjang usia mesin dan membuat tarikan menjadi lebih baik.

Itulah 5 manfaat isi bbm full tank yang jarang diketahui oleh para pengguna. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Manfaat Isi Bensin Full Tank yang Jarang Diketahui oleh Pengendara"

Oppo Indonesia