Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Antisipasi Kasus Laka Pemalang Terulang, Ganjar Himbau Warga Jangan Bakar Rumput di Tepi Tol

Kecelakaan beruntun tol pejagan-pemalang, asap jerami, pembakaran jerami, ganjar pranowo

Infomoga.com --
Kecelakaan beruntun yang menelan korban jiwa terjadi di Tol Pemalang-Pejagan, Brebes, Minggu (18/9/2022) sore, memantik keprihatian banyak pihak, tak terkecuali orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Mendapati kepulan asap yang menganggu perjalanan saat melintasi Tol Bawen-Ungaran, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghentikan laju mobilnya di tepi jalan tol. Ganjar pun langsung turun untuk memadamkan api yang berasal dari pembakaran rumput.

Menurutnya, pembakaran sampah maupun sisa pertanian dari lahan dekat dengan jalan tol, sangat membahayakan pengemudi. Karenanya, orang nomor satu di Jawa Tengah itu langsung reaktif saat melihat asap yang menghalangi perjalanan dinasnya dari Klaten.

Baca juga: Gandeng BNN, Pemprov Jateng Kini Punya 174 Desa Bersih Narkoba

Ia menegur sejumlah orang yang berada di lokasi, dan meminta untuk memadamkan api tersebut.

“Tadi saya sudah komunikasi dengan teman bupati/ wali kota di mana daerahnya dilewati tol, hentikan, dekati warga untuk tidak boleh membakar jerami atau sejenisnya. Karena ini yang menjadi persoalan,” ujarnya, Senin (19/9/2022).

Selain itu, Ganjar juga sudah memerintahkan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah untuk turun, dan bekerja sama dengan pengelola tol serta kepolisian. Hal itu untuk mengecek titik-titik potensi adanya pembakaran.

“Agar mengecek titik-titiknya, di mana kalau perlu dalam kondisi hasil panen mulai selesai sekarang, dan tanahnya mau diolah biasanya secara tradisional mereka membakar. Ini bisa dicek,” tuturnya.

Ganjar meminta pengawasan dilakukan secara detil. Bahkan, jika perlu menggunakan drone.

“Mungkin butuh drone untuk mengecek, bisa tahu titik apinya di mana, hentikan, dan edukasi masyarakat. Kalau tidak bisa, (dapat) membahayakan seperti kemarin,” tandasnya. 

Sebelumnya, di Tol Pejagan-Pemalang telah terjadi kecelakaan beruntun, akibat kumpalan asap yang menghalangi pandangan pengemudi.

Baca juga: Mansur Hidayat Berharap Pilkades Warungpring Berlangsung Bersih Tanpa Suap

Informasi dari pengelola jalan Tol Pemalang-Pejagan seperti dilansir detik.com, kecelakaan ini akibat pandangan pengendara terganggu asap pembakaran rumput di sebelah ruas tol. 

Kondisi ini membuat jarak pandang pengemudi menjadi terbatas sehingga terjadilah kecelakaan beruntun. Satu orang dikabarkan tewas dilokasi kejadian, 19 orang lainnya menderita luka-luka.

Data dari Polda Jawa Tengah, ada 13 kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun tersebut.

Link artikel asli
sumber: jatengprov.go.id

Post a Comment for "Antisipasi Kasus Laka Pemalang Terulang, Ganjar Himbau Warga Jangan Bakar Rumput di Tepi Tol"

Oppo Indonesia