Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Indonesia Hari Ini: Dari Peristiwa G30S/PKI Hingga Gempa Besar yang Mengguncang Sumbar

Sejarah, g30s, g30s/pki, DNI Aidit, Letkol untung, cakrabirawasoekarno, soeharto, sejarah hari ini, sejarah indonesia, pki, gempa padang, gempa sumbar

Infomoga.com --
Berbagai peristiwa penting terjadi di Indonesia pada tanggal 30 September. Dari peristiwa kelam dalam sejarah Indonesia, Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) 1965 hingga gempa besar yang mengguncang wilayah Padang, Sumatera Barat pada 30 September 2009.

Hari ini, 57 tahun lalu menjadi saksi sejarah terjadinya peristiwa berdarah yang mengiringi perjalanan bangsa Indonesia. 

Peristiwa yang terkenal dengan sebutan Gerakan 30 September (G30S) adalah sebuah peristiwa berlatarbelakang kudeta yang terjadi selama satu malam pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila 2022: Kemendikbud Imbau Pengibaran Bendera Setengah Tiang 30 September

Gerakan ini dipimpin oleh Dipa Nusantara Aidit atau lebih dikenal dengan DN Aidit yang saat itu merupakan ketua dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

Diwarnai aksi penculikan terhadap jenderal TNI AD yang dilakukan oelh sekelompok pasukan yang dipimpin Letkol Untung yang merupakan anggota Cakrabirawa (pasukan pengawal Istana).

Peristiwa ini mengakibatkan gugurnya enam jenderal serta satu orang perwira militer Indonesia dan Jenazah ketujuh perwira TNI AD itu ditemukan selang beberapa hari kemudian dalam sebuah lubang sumur lama di area Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Sejarah, g30s, g30s/pki, DNI Aidit, Letkol untung, cakrabirawasoekarno, soeharto, sejarah hari ini, sejarah indonesia, pki, gempa padang, gempa sumbar

Ribuan orang tewas akibat gempa Sumbar

Selain peristiwa berdarah G30S, peristiwa lain yang terekam sebagai peristiwa dahsyat terjadi pada 30 September 2009 yakni gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter di lepas pantai Sumatra Barat pada pukul 17:16 WIB sekitar 50 km barat laut Kota Padang.

Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatra Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat. 

Kerusakan diperparah dengan gempa susulan pada esok harinya, Kamis 1 Oktober 2009 dengan kekuatan 6,8 Skala Richter. Kali ini berpusat di 46 km tenggara Kota Sungaipenuh pada pukul 08.52 WIB dengan kedalaman 24 km. 

Baca juga: Video Detik-detik Menakutkan Pascagempa Sukabumi

Menurut data Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satkorlak PB), sebanyak 1.117 orang tewas akibat gempa ini yang tersebar di 3 kota dan 4 kabupaten di Sumatra Barat. 

Sebanyak 1.214 orang mengalami luka berat, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rumah rusak sedang dan 78.604 rumah rusak ringan.

Dari berbagai sumber diolah

Post a Comment for "Sejarah Indonesia Hari Ini: Dari Peristiwa G30S/PKI Hingga Gempa Besar yang Mengguncang Sumbar"