Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menteri Basuki: Dukung Pengembangan Desa Wisata dengan Infrastruktur Konektivitas dan Homestay

Kemenpupr, menteri pupr, basuki hadimuljono, desa wisata, anugerah desa wisata indonesia, adwi, infrastruktur desa wisata

Infomoga.com --
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menghadiri Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Minggu (30/10/2022). 

Pada kesempatan ini, Menteri Basuki turut serta menyerahkan piala penghargaan untuk para pemenang kategori Desa Wisata Berkembang.

“Selamat kepada para penerima penghargaan, mudah-mudahan ini bisa menjadi promosi bagi desa anda sekalian untuk dikunjungi. Begitu dikunjungi, pasti kesejahteraan masyarakat desanya akan meningkat,” kata Menteri Basuki.

Baca juga: Jelajahi Keindahan Desa Wisata Banyumudal, Berikut Pilihan Paket Wisatanya

ADWI merupakan ajang apresiasi atas keberhasilan dalam mengembangkan desa wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia. 

Kementerian PUPR senantiasa mendukung pengembangan sektor pariwisata nasional, diantaranya melalui program pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). 

Selain itu, penataan kawasan terpadu di 514 kabupaten/kota, pembangunan dan peningkatan kualitas sarana hunian wisata (Sarhunta) atau homestay, dan sebagainya.

Untuk ke depannya, Menteri Basuki mengatakan Kementerian PUPR akan meningkatkan pembangunan jalan daerah untuk mendukung konektivitas pariwisata daerah. 

Diketahui, selama ini Kementerian PUPR hanya berwenang untuk menangani jalan nasional dan jalan tol. Sedangkan, jalan daerah baik jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, maupun jalan desa merupakan kewenangan Pemerintah Daerah setempat.

Baca juga: Liburan, Ini Dia 3 Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Kecamatan Moga

Menteri Basuki mengungkapkan saat ini tengah disiapkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Jalan Daerah yang rencananya akan diprogramkan pada tahun anggaran 2023. 

Dengan adanya Inpres tersebut, Kementerian PUPR akan mampu secara langsung menangani jalan daerah.

“Kalau sudah dianggarkan, nanti akan kita lihat ruas-ruas jalan daerah mana yang menjadi prioritas. Semoga setelah kita dukung konektivitasnya, capaian desa wisata ini menjadi lebih baik ke depannya,” tutup Menteri Basuki.

Post a Comment for "Menteri Basuki: Dukung Pengembangan Desa Wisata dengan Infrastruktur Konektivitas dan Homestay"