Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Lagi, Gempa Guncang Karangasem Bali, Terasa Hingga ke Lombok

Gempa, gempa bumi, gempa bali, karangasem, bali, bnpb, bmkg, sesar flores,

Infomoga.com --
Gempa susulan masih terjadi di Karangasem, Bali. Hingga sore ini, Rabu (14/12/2022), berdasarkan catatan BMKG, ada enam kali rentetan gempa.

Terbaru, gempa terjadi  pukul 14.40 WIB dengan magnitudo 4,5. Dengan titik koordinat 8,24 Lintang Selatan (LS) dan 115,58 Bujur Timur (BT). Pada kedalaman 10 kilometer.

"Pusat gempa berada di laut 13 km TimurLaut Karangasem," cuit @infoBMKG

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 4,8, kemudian 4,7, dan ketiga mencapai magnitudo 5,2, kemudian 4,6, yang semuanya berpusat di laut ke arah timur laut Karangasem, Bali, Selasa (13/12/2022) sore.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan terdapat sejumlah bangunan rusak akibat gempa yang mengguncang Karangasem.

Rinciannya, 24 rumah rusak ringan di Kecamatan Kubu, 5 rumah rusak ringan di Kecamatan Manggis, 10 rumah rusak ringan di Kecamatan Karangasem. 

Sementara itu, 2 rumah rusak ringan di Kecamatan Abang, 1 rumah rusak ringan di Kecamatan Rendang, dan 4 rumah rusak ringan di Kecamatan Bebandem. Selain itu tercatat ada 2 korban mengalami luka ringan.

Daryono menambahkan bahwa gempa di wilayah Karangasem, terjadi akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores (Flores back arc thrust).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores," ujarnya.

Gempa juga terasa di berbagai wilayah sekitar Karangasem, seperti Denpasar, Gianyar, Kuta, Klungkung hingga Nusa Tenggara Barat, antara lain Mataram, Lombok Utara, dan Lombok Barat.

Post a Comment for "Lagi, Gempa Guncang Karangasem Bali, Terasa Hingga ke Lombok"