Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BMKG Temukan Patahan Weleri, Berpotensi Memicu Gempa di Batang

potensi gempa jateng, patahan weleri, potensi gempa batang, bmkg

Infomoga.com -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menemukan patahan weleri sepanjang 19 kilometer di Kabupaten Batang yang memiliki potensi gempa. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang Ulul Azmi di Batang, Senin, mengatakan berdasarkan peta kegempaan yang dilalui patahan Weleri menjangkau delapan desa di tiga kecamatan diantaranya Desa Lebo, Krengseng, Sidorejo, Sawangan, Ketanggan, Kedawung, Kuripan, dan Desa Gondang.

Pihaknya telah melakukan sosialisasi dan edukasi pada para kepala desa agar mereka memberikan pengarahan pada warga saat ada potensi gempa dengan keluar dari ruangan gedung. 

Baca juga: Rentetan Gempa Bumi Paling Mematikan di Dunia Sejak Tahun 2000, Gempa Aceh Menjadi yang Terdahsyat

"Namun demikian warga tidak perlu khawatir adanya kemungkinan terjadinya gempa itu karena potensi kegempaan rata-rata masih berskala kecil dan pelan," kata Ulul Azmi.

Kepala Stasiun Geofisika Kabupaten Banjarnegara Heru Susanto Wibowo mengatakan bahwa berdasar data yang sudah diidentifikasi jumlah patahan di Jawa Tengah ada 13 titik.

"Biasanya yang belum diidentifikasi merupakan patahan lokal yang mempunyai ciri permukaan naik yang cenderung berbukit. Patahan Weleri memang belum identifikasi karena kami harus mengidentifikasi dengan cara ada aktivitas gempa dahulu," katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah memasang alat atau jaringan pemantauan gempa bumi di lokasi Kecamatan Gringsing dan Paninggaran Pekalongan sebagai langkah antisipasi.

Post a Comment for "BMKG Temukan Patahan Weleri, Berpotensi Memicu Gempa di Batang"